144 Mahasiswa UTU Mengikuti Seleksi MTQ Tingkat Nasional Ke XVI Tahun 2019

144 Mahasiswa UTU Mengikuti Seleksi MTQ Tingkat Nasional Ke XVI Tahun 2019

0

wali-news.com, Meulaboh – Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan kegiatan seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional ke XVI Tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29-30 April yang dipusatkan di halaman Rektorat kampus setempat.

Kegiatan seleksi tersebut sebagai bentuk persiapan keikutsertaan mahasiswa UTU dalam ajang MTQMN XVI, yang akan diselenggarakan di kampus Universitas Syiah Kuala Banda Aceh tanggal 28 Juli sampai 04 Agustus 2019 mendatang.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UTU Prof. Jasman J Ma’ruf dan juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, para Dosen, Civitas akademika UTU serta Dewan Hakim dan para mahasiswa peserta seleksi. Sabtu, (29/4/19).

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan kegiatan seleksi ini bertujuan menggali potensi dalam membaca dan memahami kitab suci Al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini, potensi yang dimiliki mahasiswa UTU dari hasil seleksi dapat dibina agar lebih siap mengikuti event nasional, seperti kegiatan MTQ Nasional di Unsyiah bulan juli 2019 mendatang.

“Kita berharap dengan waktu yang tersisa ini dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri dan pengembangan agar kita mampu bersaing di pentas nasional. Sama-sama kita dukung dan memberi support kepada mahasiswa,” kata Prof Jasman.

Selain itu Husni Mubarak, S.H.I Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UTU selaku ketua panitia pelaksana kegiatan seleksi, dalam laporannya menyebutkan peserta yang mengikuti seleksi MTQMN XVI 2019 sebanyak 144 orang yang terdiri dari 11 kategori yang diikuti.

Kategori yang di seleksi tersebut yakni, Bidang Musabaqah Tilawatil Quran 14 peserta, Bidang Tartil Qur’an 25 peserta, Bidang Qira’ah Sab’ah 5 peserta, Bidang Syarhil Qur’an 25 peserta, Bidang Fahmil Qur’an 31 peserta, Bidang pembacaan kitab Maulid Nabi Muhammad SAW 7 peserta.

Ia menambahkan adapun Bidang karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur’an 11 peserta, Bidang Hafdzil 20 Juzz 1 peserta, Bidang Hafdzil 10 Juzz 1 peserta, Bidang Hafdzil 5 juzz 1 peserta dan Bidang Khattil Qur’an 20 peserta.

Kegiatan itu akan berlangsung selama dua hari, seluruh peserta akan di seleksi oleh Dewan hakim yang berjumlah 7 orang dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Aceh Barat. (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Alami Lumpuh, Nurdin Warga Butuh Cot Jurumudi Arongan Lambalek Butuh Perhatian

wali-news.com, Meulaboh – Sejak jatuh sakit, kondisi Nurdin