94 Awak Kapal Asing di Perairan Seuneudon Etnis Rohingya, Ini Rinciannya

94 Awak Kapal Asing di Perairan Seuneudon Etnis Rohingya, Ini Rinciannya

0
Kabagops Polres Aceh Utara AKP Syukrif I Panigoro SH MH saat memimpin proses evakuasi Kapal yang membawa 94 warga etnis Rohinya.

Wali-News, Banda Aceh – Sebanyak 94 penumpang kapal asing yang dievakuasi nelayan Kecamatan Seuneudon, Kabupaten Aceh Utara, merupakan Etnis Rohingya, negara bagian Rakhine, Myanmar. Rabu malam warga di pesisir Myanmar tersebut telah tiba di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gampong Matang Bayu Kecamatan Baktiya Barat, Kota Lhoksumawe, setelah dievakuasi menggunakan Kapal Motor KM. 2017.811 milik koperasi nelayan setempat.

Proses evakuasi Kapal Motor 2017.811 yang membawa 94 orang etnis Rohinya, Myanmar Rabu, 23-06-2020. Photo: Screenshot video.

” Tadi sudah kita tarik Kapal Motor 2017.811 dari lokasi 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon Aceh Utara menuju TPI Bayu. Kurang lebih 14 Mil. Ini sifatnya sementara sambil menunggu hasil kordinasi dengan unsur terkait,” kata Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kabagops, AKP Syukrif I Panigoro SIK MH kepada Wali-news, Rabu (24/06/2020) malam.

Menurut mantan Kasatlantas Polres Singkil itu, evakuasi Kapal Motor 2017.811 dilakukan Tim Gabungan TNI Polri dan SAR sejak Rabu pagi sekira pukul 11.30 WIB setelah menerima informasi dari Panglima Laot Seuneudon, M Hasan. Evakuasi terpaksa dilakukan karena awak KM. Motor 2017 yang berinisiatif melakukan evakuasi juga mengalami kerusakan.

Baca : Nelayan Aceh Utara Temukan Kapal WNA di Perairan Seunoddon

” Awalnyakan mereka yang melihat keberadaan kapal dan karena kasihan melihat kapal yang ditumpai 94 etnis Rohingya ini mau tenggelam maka mereka naikkan ke KM yang digunakan mencari ikan. Tapi akhirnya kapal ini juga mengalami kerusakan sehingga kita dihubungi Panglima laot,” kata AKP Syukrif yang memimpin langsung proses evakuasi Kapal 2017.811.

Seluruh penumpang kapal yang dievakuasi ke TPI Bayu Kota Lhoksumawe kata Syukrif berjumlah 94 orang. Mereka terdiri dari 15 orang laki – laki dewasa, 49 orang perempuan dewasa, 30 orang anak-anak yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang anak perempuan.(Win)

Editor :Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan