Abrasi di Abdya Semakin Parah,Puluhan Keluarga Terancam Kehilangan Tenpat Tinggal

Abrasi di Abdya Semakin Parah,Puluhan Keluarga Terancam Kehilangan Tenpat Tinggal

0

Wali-news.com,Abdya– Abrasi yang terjadi sejak beberapa hari kemarin di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh semakin parah. Puluhan warga terancam kehilangan tempat tinggal akibat rumahnya diterjang ombak besar.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya, Amiruddin kepada Wali-News com, hari ini, Kamis (21/5).

“Abrasinya semakin parah, hingga hari ini ada 38 rumah yang terdampak sehingga warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman”. ujar Amiruddin

Amiruddin menambahkan, penyebab musibah abrasi ini karena gelombangnya begitu tinggi, hingga mencapai 5 meter. Sedangkan disana tidak adanya break water yang berfungsi untuk menahan dan memecah ombak.

“Untuk penanganan darurat, sudah beberapa kali kita lakukan, seperti menahan dengan goni pasir dan sebagainya. Namun, tak cukup kuat untuk menahan ombak tersebut. Maka solusi satu-satunya adalah membangun pemecah ombak atau Break Water secara permanen. Kita berharap Pemerintah Aceh segera melakukannya agar kejadian ini tidak terulang lagi”. tegasnya.

Terakhir, Amiruddin meminta agar warga terus waspada dan bila gelombang semakin tinggi, diharapkan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Hingga berita ini diturunkan, abrasi masih terus terjadi dan gelombang masih sangat tinggi. Sementara itu, Pemkab Abdya melalui BPBK telah menyalurkan bantuan masa panik untuk 38 kepala keluarga yang mengungsi, berupa 38 sak beras dan 38 papan telur.(Fa)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kasus Pemalsuan Tanda Tangan Bantuan Covid-19 Gampong Kuta Trieng Berujung ke Jalur Hukum

Wali-news,Aceh Selatan – Tidak disangka perbuatan menirukan tanda