Aceh Barat Lombakan Tarian Adat Aceh

Aceh Barat Lombakan Tarian Adat Aceh

0

MEULABOH (Wali-News.com) – Dinas Kebudayan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Aceh Barat mulai menggalakan tarian khas Aceh yang kini mulai menghilang melalui perlombaan.

Lomba tarian adat Aceh digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Meulaboh ke 430, digelar di halaman kantor dinas setempat dari 9 sampai 11 Oktober 2018, sekaligus mendongkrak dan menggali kembali kebudayaan yang telah pudar.

Kepala Dinas Budparpora, T Nyak Cut, mengatakan, lomba tersebut diikuti oleh 29 grup tari tradisional adat aceh dari 12 kecamatan di Aceh Barat.

“Kita hendak mendongkrak dan mengali kembali tatian khas daerah supaya jangan pudar,” kata Kadis, Selasa (9/10/2018), di kantornya.

29 grub tari tersebut terdiri dari, 12 grub Dalail Khairat, Rapai Saman 10 dan Tari Pho 7 grub.

“Terasa sangat saat PKA ke 7 kemarin, di Aceh Barat sangat sulit mencari penari adat Aceh untuk dapat bertanding bersama kabupaten lain,” lanjutnya.

Dikatakan, bahwa tarian Sedati dan sebagainya telah lama pudar di Aceh Barat dan perlu dipertahankan sehingga tetap ada.

Sehingga usai lomba tersebut pihaknya hendak terus menggiatkan untuk mempertahankan adat dan budaya lokal sesuai dengan nilai-nilai keIslaman.

“Komitmen kita tetap ingin mempertahankan seni, adat dan kebudayaan di Aceh Barat, untuk itu lomba tersebut juga sebagai ajang melihat dan mendata kembali grup tari tradisional,” pungkasnya. ()

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Disdik Aceh dan Kemendikbud Ristek Gelar Bimtek E-Pembelajaran Berbasis TV dan Suara Edukasi

Wali-news.com, Banda Aceh – Pada saat ini teknologi