Akademisi Unhas: Sering Demo, Pemuda Makassar Miliki Spirit Kebangsaan Tinggi

Akademisi Unhas: Sering Demo, Pemuda Makassar Miliki Spirit Kebangsaan Tinggi

0
Dialog Kebangsaan yang digelar Poros Pemuda Indonesia (PPI) Sulawesi Selatan, di Warkop Cappo, Kota Makassar

wali-news.com, Makassar – Mencermati kondisi aksi mahasiswa yang terjadi akhir-akhir di Makassar, Akademisi Sosiologi Universitas Hasanuddin, Dr. Sakka Pati, S.H. M.H., menyampaikan, ia tidak setuju dengan labelling bahwa pemuda Makassar ‘suka demo’. Ia justru berpandangan bahwa seringnya demo menunjukkan pemuda Makassar memiliki spirit kebangsaan yang tinggi.

“Sering saya dengar pemuda di Makassar itu suka demo. Saya tidak setuju,” tuturnya, pada Senin (7/10/2019).

Pihaknya menilai, usia tersebut adalah periode di mana pemuda memiliki semangat tinggi dalam belajar, keingintahuan yang besar, dan spirit mengikuti perkembangan zaman.

Pandangan itu ia sampaikan dalam acara Dialog Kebangsaan bertema “Momentum Hari Kesaktian Pancasila, Mari Kita Jaga Harmonisasi Antar Sesama Anak Bangsa Demi Terwujudnya Indonesia Damai”, yang digelar Poros Pemuda Indonesia (PPI) Sulawesi Selatan, di Warkop Cappo, Kota Makassar.

Selain itu, ia berharap agar semangat tersebut terus dipertahankan selama bertujuan demi kebaikan bangsa dan tidak menyimpang.

Sementara Akademisi UINAM, Dr. Abdul Wahid, menilai, demonstasi bukanlah perbuatan yang haram, tetapi menjadi perbuatan yang dilarang bila merugikan orang lain, khususnya bila mengganggu para pengendara yang melintasi jalan.

Di lain pihak, Pengamat Politik Kebangsaan, Dr. Arqam Azikin, menerangkan, aksi unjuk rasa biasanya menjadi chaos bila dilakukan di malam hari.

Dijelaskan, bahwa psikologi malam sudah berbeda dibandingkan demo yang dilakukan di siang hari, sehingga rawan untuk ditunggangi.

“Di malam hari akan sangat mudah ditunggangi karena pandangan tidak dapat melihat dengan jelas wajah-wajah para pendemo, apakah mahasiswa, atau penyusup,” lanjutnya.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Refleksi Akhir Tahun, DPRD Kota Makassar Gelar Diskusi Publik Masalah Aktual Kemasyarakatan

wali-news.com, Makassar – Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan di