Akibat Kabut Asap, Sejumlah Siswa Di Meulaboh Alami Sesak Nafas Dan Jatuh Pingsan

Akibat Kabut Asap, Sejumlah Siswa Di Meulaboh Alami Sesak Nafas Dan Jatuh Pingsan

0

wali-news.com, Meulaboh – Sejumlah Siswa di Kecamatan Sama Tiga, Aceh Barat. Mengalami gangguan pernapasan dan jatuh pingsan akibat kabut asap yang kian parah mengepung wilayah kecamatan Sama Tiga. Selasa, (30/7/19).

Kabut asap yang menyelimuti di kawasan kecamatan sama tiga itu, diduga akibat kebakaran lahan gambut yang kian hari semakin meluas di kabupaten setempat. Sehingga mengganggu jarak pandang bagi pengguna jalan di kecamatan Sama Tiga.

Sejumlah warga yang menggunakan kendaraan motor yang melintas di kawasan jalan Suak Timah, terlihat menghubungkan masker dan menghidupkan lampu kendaraannya karena Jarak pandang sangat dekat, akibat jalan diselimuti oleh kabut asap.

Menurutnya asap tersebut disebabkan oleh kebakaran lahan gambut juga berimbas pada pada proses belajar-mengajar (PBM). Kejadian tersebut dialami oleh siswa MTsN 1 Meulaboh dan SMA Negeri 1 Sama Tiga saat ingin memasuki ruang kelas di sekolah setempat.

“Asap dari lahan gambut tersebut paling parah melanda kawasan Samatiga, keadaan sudah sangat kritis, bahkan 6 orang siswa jatuh pingsan dan gangguan pernapasan dilarikan ke Puskesmas untuk memeriksa kesehatan,” kata Dra. Asmanidar Kepala Sekolah MTsN Desa Blang Balee, Sama Tiga.

Para siswa jatuh pingsan akibat tak sanggup menahan kabut asap pada pagi hari yang mengepung sekolah. Sebanyak lima siswa yang pingsan terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

“Kejadian itu saat siswa sedang belajar di ruang kelas, tiba-tiba siswa jatuh pingsan dan juga mengalami ngangguan pada pernapasan dan sudah dibawakan ke Puskesmas Cot Seumeureng, kecamatan setempat.” Jelasnya.

Selain itu, Dokter Uni Diana mengatakan, pihaknya sudah menangani sebanyak 6 pasien siswa(i) yang mengalami sesak nafas serta jatuh pingsan di sekolahnya dan dibawa ke Puskesmas.

Ia menyebutkan siswa yang mengalami sesak napas itu yang ada di Puskesmas berjumlah 6 orang yakni, 5 siswi dan 1 siswa dari MTsN 1 Meulaboh dan 1 siswa dari SMAN 1 Sama Tiga. “Sebagian siswa memang ada riwayat penyakit asma dan sudah menjadi pasien rawat jalan di Puskesmas Cot Seumeureng,” Jelasnya.

“Kita sudah upayakan maksimal untuk penanganan pasien, namun ada satu pasien siswi (MTsN) yang sesaknya sudah parah dan terpaksa kita rujukan ke Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien untuk penanganan perawatan lebih lanjut,” Tuturnya.

Informasi yang diperoleh wali-news.com. Kebakaran lahan gambut dan titik api masih ditemukan di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, meski sudah berlangsung dua pekan lalu, namun tetap saja masih ada kebakaran lahan, seperti di Desa Kuta Padang, Kecamatan Bubon, Minggu sore (28/7/19). masih muncul asap tebal dari rawa-rawa dan lahan gambut yang terbakar. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sungai Krueng Aceh di penuhi sampah Plastik dan daun.

Wali news-Banda Aceh Sampah menghampar di sungai Krueng