Aksi Donor Darah ASN Dinsos Aceh, Kumpul 44 Kantong

Aksi Donor Darah ASN Dinsos Aceh, Kumpul 44 Kantong

0
Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM (kanan) mengecek kondisi kesehatan saat aksi donor darah, Jumat (3/07/20). Photo: Ist

Wali-news, Banda Aceh – Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Sosial Aceh menggelar donor darah massal tahap II di halaman parkir dinas tersebut, Jumat, (03/07/20). Aksi ini berhasil mengumpulkan 44 kantong darah.

“Kegiatan ini kita gelar untuk mengantisipasi krisis darah di PMI Banda Aceh. Sebelumnya aksi serupa juga kita gelar di PMI Banda Aceh,” Kata Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM.

Seluruh kantong darah yang terkumpul kata Alhudri, diharap dapat membantu ketersediaan darah di sejumlah rumah sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar. Dia berharap, seluruh pegawai terutama pejabat eselon III dan IV dijajarannya, secara sukarela menjadi pendonor aktif.

“ Karena selain membantu saudara kita yang membutuhkan, donor darah juga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu juga bernilai ibadah,” Kata Alhudri.

ASN Dinsos Aceh, memperlihatkan kantong darah usai menikuti donor darah, Jumat (03/07/2020).Photo Ist.

Untuk itu, tambah Alhudri, sebagai bentuk antisipasi krisis darah, Pemerintah Aceh memotivasi ASN, baik ditingkat Provinsi Aceh, maupun kabupaten/kota untuk menjadi pendonor sukarela.

“Karena itulah kemudian Bapak Plt Gubernur Aceh menjanjikan umrah bagi mereka yang aktif mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Kebutuhan darah di Aceh masih terbilang tinggi terutama bagi mereka penderita thalassemia. Setiap harinya, Palang Merah Indonesia (PMI) harus memiliki 300 stok kantong darah.

“Jumlah itu 2 persen dari total penduduk Aceh. Jadi kebutuhannya memang cukup tinggi, terutama untuk penderita thalassemia,” Kata Sekretaris PMI Kota Banda Aceh, Didi Agustinus.

Gerakan aksi donor darah massal oleh ASN di Provinsi Aceh dinilai sangat membantu ketersediaan stok darah di Banda Aceh dan Aceh Besar. Sebelumnya kata Didi, ketersediaannya relatife kecil dan pihaknya harus menerapkan sistem jemput bola.

“Sekarang sehari stok darah yang tersedia di PMI mencapai 100 sampai 150 kantong. Tentunya ini sangat membantu. Sebelumnya kitakan harus ke sekolah, kampus, jemput bola,” ujar Didi.(Win/Ril)

Editor : Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Enam Nelayan Aceh Selatan Dilaporkan Hilang

Rumah di Aceh Selatan tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang, Senin (03/08/20). Photo: Dok BPBD Aceh Selatan