Aliansi Bara-Baraya Bersatu, Kembali Gelar Aksi Terkait Sengketa Lahan

Aliansi Bara-Baraya Bersatu, Kembali Gelar Aksi Terkait Sengketa Lahan

0

Wali-news.com, Makassar – Sekitar 50 orang yang tergabung dari Aliansi Bara-baraya Bersatu Kota Makassar dan Warga Bara-baraya kembali melakukan aksi demonstrasi. Selasa, (26/11).

Aksi digelar di depan Pengadilan Negeri Makassar Jalan R.A kartini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejak tahun 2017 sengketa lahan di Bara baraya membuat sejumlah warga Bara-Baraya harus berurusan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar dengan nomor perkara : 255/Pdt.G/2017/PN Mks.

Tanggal 10 Juli 2019 Nurdin Dg. Nombong melalui kuasa hukumnya kembali mengajukan gugatan kedua kalinya ke Pengadilan Negeri Makassar dengan menggugat 40 warga Bara-baraya. Dalam beberapa kali persidangan, Nurdin Dg. Nombong tidak pernah terlihat menghadiri persidangan walau telah dipanggil secara patut oleh pihak pengadilan.

“Tujuan kita kesini hanya satu yaitu untuk mempertahankan tanah kita dari orang-orang yang akan merebutnya,” ungkap M. Nur yang merupakan warga Bara-baraya.

“Pada persidangan tahun lalu Bara-baraya sudah menang, tetapi kenapa akhir-akhir ini kasus ini menjadi berbelok entah kemana” ungkapnya.

“kami minta kepada pihak pengadilan, untuk mengadili seadil-asilnya jangan ada intervensi kekuasaan terhadap hukum dan penegak hukum di PN Makassar ini,” tegasnya.

Diketahui bahwa sidang pada hari ini diagendakan untuk Pemberian Alat Bukti dari pihak penggugat ke PN Makassar.

“Sidang pada hari ini hanya mengajukan alat bukti dari mereka,” jelas Edi kuasa Hukum Warga Bara-baraya.

“Nanti akan kami sampaikan setelah melakukan konsolidasi kembali dan pada 3 Desember 2019 kami akan mengajukan alat bukti sesuai dengan surat-surat yang warga pegang,” jelasnya.

Rencananya aksi ini akan terus berlanjut hingga tuntutan mereka tercapai.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Koalisi Mahasiswa Dan Pemuda Turatea Melakukan Unjuk Rasa, Pihak Kejari Jeneponto Menemui Massa

Wali – News, Jeneponto – Kejari Jeneponto Ramadiyagus, menemui