Andi Sudirman: Banyak Warga Sulsel di Wamena Tak Ingin Kembali ke Sulsel

Andi Sudirman: Banyak Warga Sulsel di Wamena Tak Ingin Kembali ke Sulsel

0
Konferensi Pers Wagub Sulsel Pasca Menengok Warga Sulsel di Wamena

wali-news.com, Makassar – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menggelar konferensi pers di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulsel pasca kembali dari peninjauan yang dilakukannya ke Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, beberapa hari lalu.

Ia menyampaikan, sebagian besar warga Sulsel yang tinggal di Wamena tidak ingin kembali ke kampung halamannya dengan alasan mereka telah hidup dan membangun perekonomian di Wamena.

Berdasarkan pengakuan dari sejumlah warga Sulsel yang berada di Wamena, mereka ingin tetap tinggal dan membangun usaha di sana. Jika mereka pulang kampung maka kehidupannya akan kembali ke nol karena di Wamena mereka telah bertahun-tahun bekerja sehingga telah mengetahui sistem perekonomian setempat.

“Rata-rata ketika saya tanya, tidak kami tidak mau pulang. Kami sudah lahir di sini, hidup di sini. Orang tua kami lahir di sini. Kami sudah jadi orang sini,” tuturnya, pada Selasa (1/10/2019).

Pihak Pemprov sendiri berharap agar warga Sulsel di Wamena dan Jayapura tetap menetap di sana dengan jaminan kemanan dari Pemerintah dan aparat setempat.

Karena pihaknya melihat bahwa situasi keamanan di Distrik Wamena sendiri telah kondusif dan berada di bawah kendali aparat TNI/Polri.

Untuk bantuan logistik para pengungsi saat ini pun masih terpenuhi dengan adanya beberapa posko induk.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulsel telah memberikan dana sebesar 1 Miliar kepada Bupati Jayawijaya untuk membantu warga Sulsel membangun kembali kehidupannya di Wamena.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

INDONESIA NEGARA PENCEMAR LAUTAN NOMER 2, SAATNYA KURANGI PEMAKAIAN PLASTIK

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck