Area Perkuburan gampong Laksana,jadi tempat pembuangan sampah

Area Perkuburan gampong Laksana,jadi tempat pembuangan sampah

0

Aceh besar/wali-news.com

Potret miris kini tampak di komplek perkuburan warga Gampong laksana,yang bertempat di Gampong Lamsidaya,kecamatan Darul Amarah,Kabupaten Aceh Besar.

Betapa tidak,warga sekitar menjadikan Areal dan lokasi perkuburan itu sebagai tempat pembuangan sampah sementara.

Tampak sepanjang bahu jalan menuju ke komplek perkuburan milik warga Gampong Laksana,kecamatan Kuta Alam,kota Banda Aceh itu,kini mengeluarkan bau yang tak sedap.

Menurut pantauan wali-news.com,Sabtu(30/8).selain kumuh areal dan lokasi perkuburan itu mengeluarkan bau busuk dari sampah rumah tangga yang sengaja di buang di tanah area perkuburan tersebut.

Salah satu warga setempat yang enggan menyebutkan namanya,mengatakan.warga sengaja membuang sampah rumah tangga di tempat itu karena tidak memiliki fasilitas tempat penampungan sementara untuk sampah.

Dia keberatan mengatakan, kalau warga lamsidaya sengaja membuang di area tersebut,” yang buang sampah di tempat ini bukan hanya warga lamsidaya saja,namun juga warga gampang lainnya yang ada di sepanjang jalan ini”.

Lelaki paruh baya itu mengatakan kalau pihak aparatur gampong sudah melarang aktifitas kurang terpuji dari warga tersebut,menurutnya warga sengaja membuang sampah di tempat itu sambil mengendarai kendaraan,ya langsung di lempar,imbuhnya menjelaskan.

Namun Ketua perkuburan Gampong laksana Marwan Umar yang di jumpai di areal kuburan saat kerja gotong royong membersihkan kuburan,mengeluh.

Seharusnya tindakan buang sampah sembarangan oleh warga di area perkuburan ini tidak harus terjadi,ini merupakan komplek perkuburan dimana sering di kunjungi penziarah dan ahli waris almarhum yang di kebumikan disini.

Di tambahkan,” selain bau yang tak sedap di hidung akibat sampah itu,bahkan ada warga kita yang di kejutkan dengan kehadiran babi di tempat sampah di perkuburan ini”.

Marwan berharap agar permasalahan ini menjadi perhatian pemerintah setempat,untuk mencari solusi terbaik atas masalah ini.

dia berharap unsur Muspika Kecamatan Darul Imarah segera turun tangan dan bahkan kalau perlu pihak Muspida langsung turun untuk memberikan solusi,agar masalah ini dapat teratasi.(chairan manggeng)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sisir Gampong, BIN Daerah Aceh Kembali Vaksin Warga Aceh Besar

Wali-news.com, Aceh Besar – Badan Intelejen Negara (BIN)