BADKO HMI ACEH Gelar Diskusi Publik Tentang Ormas dan Kebhinekaan

BADKO HMI ACEH Gelar Diskusi Publik Tentang Ormas dan Kebhinekaan

0

wali-news.com, Banda Aceh – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko-HMI) Aceh menyelenggarakan diskusi publik, Rabu, (22/08/2017) di 3 in One Coffee, Jalan Panglima Nyak Makam, Kota Banda Aceh. Mengangkat tema “Menjaga Toleransi dan Kebhinekaan Indonesia (Perppu No 2 Tahun 2017 Tentang Ormas),” kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka refleksi 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber utama, Prof Yusni Sabi sebagai Guru Besar UIN Ar-Raniry dan Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, Tgk. Faisal Ali, Ketua PW NU Aceh sekaligus Wakil Ketua MPU Aceh, dan Kurniawan, Ketua Laboratorium dan Klinisi Hukum Unsyiah. Diikuti oleh puluhan peserta mewakili masyarakat umum, mahasiswa, dan beberapa organisasi masyarakat lainnya.

Ketua Badko HMI Aceh, Mirza Fanzikri, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen HMI dalam diskusi rutin pada setiap hari kemerdekaan Republik Indonesia. Mengangkat tema-tema yang menarik tentang kondisi masyarakat, kesempatan kali ini tema yang diangkat menyangkut menjaga toleransi dari keberagaman yang ada di Indonesia dalam sebuah kebhinekaan.

“Kita pahami Indonesia memiliki beragam budaya. Berbicara Indonesia adalah berbicara keberagaman suku, agama, budaya, bahasa, dan karakteristik masyarakatnya, dari Sabang sampai Marauke. Seperti halnya di Aceh yang memiliki beragam bahasa dan perbedaan karakteristik masyarakat berdasarkan budaya,” terang Mirza.

Menurutnya, dari keberagaman itu muncul dinamika-dinamika yang kadang-kadang tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah, ada yang mementingkan egoisme, mempertahankan primordialisme, dan ini juga sangat lumrah.

Terkait kebhinekaan dan toleransi, Mirza juga mengatakan sebenarnya HMI sudah mempraktekkannya. “Di HMI tidak mengenal orang Nahdatul Ulama tidak mengenal orang Muhammadiyah tidak mengenal aliran-aliran apapun, HMI tetap menerimanya dalam konteks Islam,” ujarnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan