Bawaslu Gelar Workshop Potensi Pilkada 2020

Bawaslu Gelar Workshop Potensi Pilkada 2020

0

wali-news.com, Bandar Lampung – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Lampung gelar Workshop Eksaminasi Peraturan Perundang-Undangan dengan judul ” Potensi permasalahan dalam tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020″, bertempat di hotel bukit randu bandar lampung, (14/10).

Narasumber workshop,Topan Indrakarsa menjelaskan terkait salah satu permasalahan pada pemilu yaitu money politik.

” Pemilu dan Pilkada ini mahal, para calon berani menghabiskan uang sekian milyar untuk melakukan roadsow ke kelompok-kelompok masyarakat atau kampanye, dan memang mengharuskan seorang calon kepala daerah untuk menghabis kan biyaya yang begitu besar, inilah yang disebut dengan pilkada mahal, bahwa jika kita ingin masuk keruangan yang bersih dengan biyaya yang mahal, apakah mungkin kita juga akan menjadi bersih, akhirnya money politik berjalan disitu, dan dampak-dampak nya banyak kepala daerah yang OTT ( Operasi Tangkap Tangan)”, Jelas nya.

” peran mahasiswa dalam pemilu bisa juga dengan memahami mahasiswa sebagai agen of change atau agen perubahan, terus dengan menjadi pengawas pribadi sebagai anggota masyarakat”. Kata topan saat menjawab pertanyaan dari salah satu mahasiswa.

Disisi lain anggota bawaslu Provinsi Lampung, Tamri mengungkapkan terkait masalah pidana dalam pemilu.

” Inikan sebenarnya persoalan kewenangan pembahasan ketika orang melapor, kemudian harusnya yang kita mau bahwa yang menentukan apakah dia masuk dalam pidana atau administratif itu kewenangan ful dari bawaslu, kemudian ketika kita sudah menetapkan bahwa itu adalah unsur pidana, baru kita limpahkan kepada kepolisian”, ungkap tamri.

Selain anggota bawaslu acara ini juga melibatkan Mahasiswa Universitas Tulang Bawang ( UTB) beserta beberapa civitas akademika UTB.

(Albet Apriansah)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Refleksi Akhir Tahun, DPRD Kota Makassar Gelar Diskusi Publik Masalah Aktual Kemasyarakatan

wali-news.com, Makassar – Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan di