BNNP Aceh Luncurkan Program Desa Bersinar

BNNP Aceh Luncurkan Program Desa Bersinar

0

wali-news.com, Banda Aceh – Dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Provinsi Aceh. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh berkomitmen memerangi penyalahgunaan narkoba di masyarakat dan menyampaikan program terbaru yaitu Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

“Desa Bersinar ini merupakan wujud implementasi dari Inpres No 6 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Nasional P4GN.” Hal tersebut disampaikan Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, saat konferensi pers, di Kantor BNNP Aceh, Rabu (13/2).

Faisal mengatakan tujuan Desa Bersinar ini untuk menangkal peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Karena disinyalir peredaran narkotika sampai ke pedesaan.

“Permasalahan narkotika sudah merambah pada kalangan masyarakat desa sehingga BNNP Aceh mencanangkan program Desa Bersinar yang diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat dalam menangkal penyalahgunaan narkotika karena dalam penanganan permasalahan narkotika harus melibatkan semua elemen termasuk sampai pada lapisan masyarakat bawah.”tegas Faisal.

BNNP Aceh sudah berkerjasama dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas terkait dan Kabupaten/Kota (Puskesmas), Kodam Iskandar Muda melalui Kodim dan Koramil (Babinsa) dan Polda Aceh melalui Polres dan Polsek (Babinkamtibmas) serta Pemerintah Desa (Keuchik) siap menciptakan Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) walaupun belum keseluruhannya diharapkan ini menjadi motivasi desa lain untuk dapat menciptakan Desa Bersinar.

“Saat ini, di Aceh kita persiapkan sekitar 85 Desa dari beberapa Kabupaten Kota di Aceh untuk kita bentuk menjadi Desa Bersinar (Bersih Narkoba)” imbuhnya.

Selain pencegahan dan pemberantasan, BNNP Aceh juga menyelenggarakan program rehabilitasi. Program ini diperuntukan bagi masyarakat korban peredaran narkoba dan tidak dipungut biaya karena ditanggung oleh negara.(fan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

4 Karya Budaya Aceh ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

wali-news.com, Banda Aceh – Tim  Warisan Budaya Tak benda