Bupati Abdya Akan Berikan Subsidi Bagi Warga yang Bertahan di Rumah

Bupati Abdya Akan Berikan Subsidi Bagi Warga yang Bertahan di Rumah

0

Walinews-Blangpidie

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim,SH dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),Mengusulkan melakukan sebuah langkah dan kebijakan guna mengantisipasi merebaknya virus Corona di Abdya.

Akmal berencana akan memberikan subsidi dalam bentuk kebutuhan pangan dan sembako,bagi warga yang berprofesi wiraswasta yang mematuhi intruksi pemerintah dengan bertahan di rumah dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Subsidi atau biaya hidup ini sengaja di berikan kepada mereka yang wiraswasta saja,dimana kita ketahui mereka mendapat penghasilan dari melakukan kegiatan bisnis di luar rumahnya,nah kalau masa berdiam diri dirumah yang kita berlakukan otomatis berdampak kepada tidak ada pendapatan bagi mereka.Ucap Bupati.

Akmal menambahkan “Saya sudah memerintahkan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda)
untuk membahas rencana ini, supaya bisa segera kita laksanakan.” Perintah Akmal Ibrahim.

Menurut akmal dana yanga akan digunakan nantinya bersumber dari dana Desa.

Makanya akan dibahas dulu sistemnya dan mekanisme seperti apa dalam hal penggunaannya untuk penanganan Virus Corona sesuai regulasi yang berlaku.

Karena beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa
juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19.

“Jika ini bisa dilakukan dengan mudah, saya tinggal mengubah Peraturan
Bupati (Perbup) saja. Dan memerintahkan setiap desa wajib menyediakan
dana sebesar 50 hingga 200 juta untuk penanganan corona.

Dana ini nantinya bisa dalam bentuk tunai maupun barang, yang nantinya akan diberikan langsung kepada masyarakat yang berkurung di rumah dan tidak bisa bekerja.” Tegas Akmal Ibrahim.

Keuchik Gampong Gunong Cut Kecamatan Tangan-Tangan, Sanusi,Rabu (25/03) yang dihubungi Wali-News.com mengaku sangat mendukung rencana dan kebijakan ini.

“Secara pribadi saya sangat sepakat, sudah selayaknya kita perutukkan untuk masyarakat apalagi dengan situasi darurat Corona seperti saat ini,kasihan mereka yang bekerja dan mendapatkan upah harian bila mereka berdiam di rumah pasti akan kesulitan ekonominya.

Sanusi berharap dalam penggunaan anggaran tersebut Bapak Bupati segera mengeluarkan Peraturan Bupati pengganti Peraturan yang lama,Mohon Sanusi berharap.( Fauzi Al-Adani )

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kabar Baik, Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Walinews- Malang Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang,