Diduga Penyelewengan Dana Desa, Unsur BUMG Suak Raya Diperiksa Polisi

Diduga Penyelewengan Dana Desa, Unsur BUMG Suak Raya Diperiksa Polisi

0

wali-news.com, Meulaboh – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat, mulai melakukan pengusutan terhadap pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Terkait adanya dugaan penyelewengan Anggaran proyek pembangunan.

Pemeriksaan terhadap sejumlah petinggi BUMG Desa setempat yakni Direktur BUMG, Jufri, Sekretaris BUMG, Ade Keumala, dan Bendahara BUMG, Lita Mailita. Merupakan tindak lanjut dari aksi penyegelan kantor desa yang dilakukan warga pada malam kemarin atau, Kamis (23/5/19).

Kepala Polres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Raden Bobby Aria Prakasa SIK, melalui Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse Dan Kriminal, Brigadir Banta Rahmadsyah, mengatakan Dugaan dana yang diselewengkan Rp 115 juta dari total dana yang dialokasikan untuk BUMG sebesar Rp 225 juta Tahun Anggaran 2018.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, Kata Banta, direktur BUMG saudara Jufri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa itu, telah mengakui bahwa penggunaan anggaran itu dipakai untuk untuk kepentingan pribadinya dan melunasi hutang-hutang yang dimilikinya

“Saat diperiksa, yang bersangkutan mengakui telah menggunakan uang untuk kegiatan BUMG senilai Rp 115 juta, dan dia akan mengembalikan uang tersebut ke kas desa,” kata Banta, Jumat (24/5).

Menurut Banta jumlah anggaran keseluruhan untuk kegiatan BUMG senilai Rp 125 juta, namun baru Rp 10 juta telah dikembalikan ke kas BUMG. Dan ia hanya menggunakan Rp 115 juta rupiah. Dan mengaku akan bersedia untuk mengembalikannya dalam batas waktu yang ditentukan. Namun, proses penegakan hukum tetap dilanjutkan.

Banta mengatakan. Saat ini pihaknya telah menyita bukti-bukti seperti Rekening Koran BUMG, Prin Out Transaksi, Kwitansi penarikan. Pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap kepala desa dan laporan pertanggung jawaban dana desa dalam 2 tahun terakhir.

“Kami juga sudah memanggil Bendahara BUMG dan Sekretaris BUMG guna mempelajari lebih lanjut pengelolaan anggaran tersebut. Pemeriksaan ini pasca adanya laporan dari masyarakat desa tersebut atas dugaan penyimpangan dana desa,” ujarnya. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Alami Lumpuh, Nurdin Warga Butuh Cot Jurumudi Arongan Lambalek Butuh Perhatian

wali-news.com, Meulaboh – Sejak jatuh sakit, kondisi Nurdin