Diskusi IKADIPA Bahas Pentingnya Teknologi bagi Pelaku UMKM

Diskusi IKADIPA Bahas Pentingnya Teknologi bagi Pelaku UMKM

0
Diskusi bertema "Menakar Daya Tumbuh UMKM Makassar di Era Digital" diselenggarakan oleh Ikatan Alumni STMIK Dipanegara (IKADIPA) dan Forum Jurnalis Ekonomi Sulsel (FORJESS) di Warunk Upnormal, Kota Makassar.

wali-news.com, Makassar – Siang ini, Ikatan Alumni STMIK Dipanegara (IKADIPA) bekerjasama dengan Forum Jurnalis Ekonomi Sulsel (FORJESS) menggelar diskusi dengan mengusung tema “Menakar Daya Tumbuh UMKM Makassar di Era Digital”, Jumat (22/11/2019).

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memberi informasi terkait kondisi pelaku UMKM di Kota Makassar saat ini yang masih belum memanfaatkan teknologi dalam pemasarannya secara optimal.

Diskusi yang dilakukan di Warunk Upnormal, Kota Makassar, tersebut menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Evi Aprialti, SE. MM., serta Praktisi Media Sosial, Akbar A T, S.I.Kom, M.I.Kom.

Dalam kesempatannya, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo mengungkapkan pentingnya terdapat jaminan perlindungan pada produk pelaku UMKM di Kota Makassar dari perusahaan-perusahaan besar yang merajai pasar.

Khususnya, Ia melanjutkan, perlindungan dalam hal akses pasar dan kemampuan untuk memasarkan produk secara digital atau online.

Senada dengan hal tersebut, Praktisi Media Sosial, Akbar A T, S.I.Kom, M.I.Kom., memandang bahwa penting adanya upaya dalam mengembangkan pelaku usaha UMKM agar mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan teknologi digital.

“Banyak promosi yang dilakukan pelaku UMKM di media sosial yang terkesan asal,” tuturnya.

Ia menilai hal tersebut dikarenakan para pelaku usaha tidak mengetahui ilmu pemasarannya.

Sementara Kadis Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Evi Aprialti, SE. MM., mengungkapkan data bahwa pada tahun 2018, jumlah UMKM di Kota Makassar terdapat sekitar 7 ribu unit, di mana usaha kecil menempati porsi yang paling besar, yaitu 70 persen.

Dengan demikian, pihaknya selalu menekankan pada pelaku UMKM, khususnya pelaku usaha kecil bahwa bisnisnya tidak akan berkembang jika tidak mampu memanfaatkan media digital saat ini.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Refleksi Akhir Tahun, DPRD Kota Makassar Gelar Diskusi Publik Masalah Aktual Kemasyarakatan

wali-news.com, Makassar – Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan di