DPRA Gelar Paripurna Penyampaian Pendapat Usul Saran Banggar DPRA Tentang Raqan APBA Tahun 2020

DPRA Gelar Paripurna Penyampaian Pendapat Usul Saran Banggar DPRA Tentang Raqan APBA Tahun 2020

0

wali-news.com, Banda Aceh –  Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menggelar rapat Paripurna, Penyampaian Pendapat, Usul Saran Badan Anggaran DPRA, terhadap Rancangan Qanun Aceh Tentang APBA Tahun 2020, Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan di Gedung Utama DPRA, Selasa (24/09/2019) malam yang didipimpin oleh Wakil Ketua DPRA,Sulaiman Abda,serta didampingi oleh Ketua DPRA Sulaiman SE,Wakil Ketua Irwan Djohan,Dalimi,serta dihadiri oleh Sekda Aceh Taqwallah,A DPRA,Serta Kepala SKPA di Lingkungan pemerintah Aceh.

Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda dalam Sambutannya Mengatakan,Sebelumnya DPR Aceh telah mengikuti dan mendengarkan penyampaian nota keuangan dan rancangan qanun aceh tentang APBA tahun Anggaran 2020 ,yang disampaikan oleh plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.Untuk itu dalam Sidang Paripurna ini,badan anggaran dpr aceh diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya untuk menyoroti, menanggapi, memberikan usul dan saran,terhadap nota keuangan dan rancangan qanun aceh tentang APBA tahun Anggaran 2020 yaitu untuk kesempurnaannya.

“Hal ini sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan DPR Aceh nomor 1 tahun 2016 tentang tata tertib DPR Aceh,dan Tujuannya adalah untuk menjalankan fungsi penganggaran, legislasi sekaligus pengawasan,dalam perencanaan penggunaan APBA agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan,pendapat, usul dan saran badan anggaran DPRA juga bukan semata-mata mengesampingkan program-program yang telah dirumuskan oleh pemerintah aceh, akan tetapi lebih kepada penyamaan pandangan,” Kata Sulaiman Abda.

Sementara itu Ketua Juru Bicara Badan Anggaran DPRA H.Awar Ramli Mengatakan,R-APBA Tahun Anggaran 2020 sebagai penjabaran dari Rencana Keuangan Tahunan Pemerintah Aceh,merupakan wujud konkrit dari rencana prioritas anggaran Pemerintahan Aceh. Rencana ini telah disusun secara logis dan sistematis untuk mendukung berbagai upaya pemenuhan dan perlindungan atas berbagai aspek pembangunan, seperti pelayanan sosial dasar, kesehatan, pendidikan, penyiapan layanan di bidang transportasi, pemukiman, dan akses pengelolaan sumber daya alam, serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Berdasarkan Pasal 42 ayat (1) huruf (d) dan huruf (f) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, ditegaskan bahwa ruang lingkup tugas dan wewenang Gubernur adalah menyusun dan mengajukan Rancangan Qanun tentang APBA kepada DPR Aceh untuk dibahas, disetujui, dan sekaligus ditetapkan Bersama.Selain itu, Gubernur juga memberikan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban mengenai Penyelenggaraan Pemerintahan kepada DPR Aceh,” Kata Anwar Ramli.

Awar Ramli juga menjelaskan adapun Proses penyusunan dan pembahasan APBA Tahun Anggaran 2020 oleh Eksekutif dan Legislatif,telah mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020. yang antara lain memuat beberapa prinsip sebagai berikut:

1. Sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kemampuan pendapatan daerah;

2. Tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundangundangan yang lebih tinggi;

3. Berpedoman pada RKPD, KUA, dan PPAS;

4. Tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;

5. Transparan, untuk memudahkan masyarakat mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang APBD;

6. Partisipatif, dengan melibatkan masyarakat; dan

7. Tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus