DPRD Gorontalo Imbau Pemda Ketat Awasi Tenaga Kerja Asing (TKA)

DPRD Gorontalo Imbau Pemda Ketat Awasi Tenaga Kerja Asing (TKA)

0

Wali-news.com, Gorontalo – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Prov. Gorontalo mengimbau agar pemerintah daerah setempat mengawasi ketat kegiatan yang dilakukan Tenaga Kerja Asing (TKA) di daerah tersebut.

Mengutip dari  antaranews.com, keberadaan TKA sangat perlu diperhatikan terumata semenjak kasus TKA yang terlibat pertikaian dengan warga di lokasi TKA tinggal dan tewasnya TKA di wilayah tambang yang sudah ditutup. Insiden seperti ini tidak boleh terulang lagi.

Perlu adanya kontrol terhadap jumlah dan aktivitas orang asing yang berada di Gorontalo Utara terutama yang berstatus tenaga kerja. Jika pengawasan terhadap TKA di daerah Gorontalo Utara sudah dilakukan maka perlu ditingkatkan kembali. Pengawasan dilakukan oleh instansi yang berkaitan dengan urusan Ketenagakerjaan di Pemenrintah daerah.

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail mengatakan WNA yang masuk dengan maksud bekerja atau menjadi pekerja di perusahaan yang ada di daerah ini, wajib memperlihatkan visa mereka, melapor secara periodik ke kepolisian sektor (polsek) juga melapor di pemerintah desa, yang menjadi wilayah tempat mereka bekerja, agar jumlah dan status keberadaan mereka terpantau dengan baik.

DPRD juga meminta Pemda untuk intensif meminta laporan data TKA yang masuk ke wilayah ini, sebagai kontrol terhadap jumlah dan aktivitas mereka. Hal itu perlu dilakukan agar TKA yang bekerja di daerah ini benar-benar terpantau.. Pemerintah daerah harus mengambil langkah yang tepat untuk permasalahan ini agar tidak adanya lagi kasus-kasus serupa.

Pengawasan ketat tetap pasti diberlakukan untuk menghindari insiden antara TKA dengan pekerja lokal atau Warga Negara Indonesia (WNI).  (Della Arlita)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Koalisi Mahasiswa Dan Pemuda Turatea Melakukan Unjuk Rasa, Pihak Kejari Jeneponto Menemui Massa

Wali – News, Jeneponto – Kejari Jeneponto Ramadiyagus, menemui