Evaluasi CPNS 2019 Provinsi Sulut: Jumlah Pendaftar Meningkat dan Guru Menjadi Minat Paling Banyak

Evaluasi CPNS 2019 Provinsi Sulut: Jumlah Pendaftar Meningkat dan Guru Menjadi Minat Paling Banyak

0

Manado, Wali-news

Sudah hampir kurang lebih 1 minggu dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terdaftar sekitar 1.776 orang dan 475 orang yang sudah mendaftar dengan melampirkan dokumen.

“Untuk tahun ini, pendaftaran CPNS yang paling banyak diminati adalah guru. ” beber Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Dr. Femmy Suluh M.si saat ditemui di Kantor BKD Sulut.

“Jumlah pendaftar yang sudah diverifikasi dan memenuhi syarat itu ada 103 orang, dan ada 6 orang yang tidak memenuhi syarat, ada juga yang sementara sedang diverifikasi namun belum selesai, itu ada sekitar 360 orang.” Tambahnya lagi.

Menurut Femmy Suluh, fluktuasi jumlah pendaftar CPNS tahun ini memang ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. “Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, memang ada peningkatan apabila dilihat dari sisi kuota. Tahun kemarin kuotanya 475, itu bisa diasumsikan kenaikannya mencapai 10-15 persen. Sedangkan tahun lalu pelamar yangikut tes CPNS jumlahnya kurang lebih 2900 orang. ” Ujarnya.

Ada beberapa pendaftar CPNS yang tidak lulus verifikasi itu disebabkan oleh beberapa hal. Alasannya didominasi oleh masalah administrasi dan akademik.

“Kemungkinan karena ijazah yang tidak terdaftar di Pangkalan Dikti, karena biasanya kita langsung crosscheck secara online kesana, tapi kami tetap melakukan konfirmasi dengan Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Ada juga yang karena IPK, untuk sekarang pendaftar CPNS minimal IPK harus 2,75 sedangkan untuk yang cumlaude itu 3,51.” Tambah Femmy Suluh.

Dengan berjalannya tahap pendaftaran CPNS Provinsi Sulut ini hingga 24 November nanti, BKD Provinsi Sulut akan terus melakukan update dan pemantauan hingga tahap seleksi dan tes nantinya. Pelaksanaan tes juga akan dilakukan secara serentak di Kota Manado yang diikuti oleh seluruh 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut, pada bulan Februari-Maret 2020 mendatang. (Shnt)

Kepala BKD Prov. Sulut, Dr. Femmy Suluh, M.Si

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Koalisi Mahasiswa Dan Pemuda Turatea Melakukan Unjuk Rasa, Pihak Kejari Jeneponto Menemui Massa

Wali – News, Jeneponto – Kejari Jeneponto Ramadiyagus, menemui