Firmansyah : Refocusing Anggaran Sangat Diperlukan

Firmansyah : Refocusing Anggaran Sangat Diperlukan

0

wali-news.com, Bandar Lampung – Siapa pun yang menjadi kepala daerah Kota Bandarlampung atau daerah lain mempunyai masalah besar, dia akan menjadi pimpinan yang tugasnya cuci piring. Hal itu disampaikan bakal calon Walikota Bandarlampung Firmansyah dalam dialog demokrasi di Universitas Bandarlampung, Kamis (2/7).

Sampai saat ini, Firmansyah mengaku belum melihat pemerintah kota Bandarlampung melakukan refocusing anggaran. Tanpa adanya refocusing anggaran, pemerintah daerah tetap memaksakan melaksanakan kegiatan yang kurang penting.

“Contoh flyover, pembangunan gedung parkir yang belum urgent, dengan memaksakan uang gak ada, karena pendapatan Kota Bandarlampung yang dianggarkan Rp 3 Triliyun, dapat Rp 2 Triliyun saja sudah bagus,” tambahnya.

Ia melanjutkan, dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) jika menganggarkan Rp 1 Triliyun, maka perhari harusnya masuk Rp 3 Miliar. Sedangkan hari ini, penyataan kepala dinas daerah hanya Rp 300 per hari.

“Hanya 10 persen, sehingga bisa dipastikan nanti pada akhir tahun anggaran Rp 200 Miliar sudah hebat, ini tekor Rp 100 Miliar. Pemerintah pusat juga pasti tekor, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) pasti dikurangi,” tambahnya.

Rektor Universitas Darmajaya ini mengatakan jika ini terus berlanjut, maka yang akan terjadi adalah hutang yang akan dibawa periode yang akan datang.

“Rp 1 Triliyun hutang ditambah Rp 500 Miliar hutang sebelumnya butuh waktu gak cukup satu tahun, pemborong-pemborong itu akan negur kami ini, karena tidak akan sanggup pemda bayar ini,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, bayar THR, tunjangan guru ngaji, RT dan lain-lain masih hutang. Ini yang harus menjadi perhatian bersama, kata dia.

“Saya harap pemuda menyuarakan itu, menyuarakan pilkada yang bersih dan bermartabat. Caranya dengan membuat gelombang untuk menyadarkan pemuda untuk merancang masa depan dengan ambil bagian,” pungkasnya.

Editor : Ikhsan

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Forum Penyelamat Daswati Lakukan Diskusi

wali-news.com, Bandar Lampung – Forum Penyelamat Daswati melakukan