FORKAB Aceh Barat : Alam Peudeng Adalah Bendera Aceh

FORKAB Aceh Barat : Alam Peudeng Adalah Bendera Aceh

0

wali-news.com, Meulaboh Ketua Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab) Kabupaten Aceh Barat, mendukung penuh bendera alam peudeng dijadikan sebagai bendera Aceh.

Bendera Aceh adalah berlambang Alam Peudeung (pedang), bukan bulan bintang yang selama ini kerap didengungkan pihak tertentu dan telah pula disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh beberapa waktu lalu.

Sebahagian orang yang mengatakan bahwa bendera Kerajaan Aceh Darussalam berlambang bulan bintang. Namun sumber tertulis yang tertua dari Belanda menyatakan bahwa bendera Aceh berlambang dua rencong atau pedang. Kontroversi masih berlanjut dan itu jelas dalam sejarah.

“Bendera Alam Peudeung merupakan lambang Aceh yang asli dan hasil kerja keras nenek moyang bangsa aceh,” kata Ketua FORKAB Aceh Barat Tgk. Baharudin. Minggu, (28/7/19).

Menurutnya, Alam Peudeung merupakan bendera Kerajaan Aceh Darussalam berdasarkan catatan sejarah yang ditulis pihak Belanda. Namun belum ada catatan sejarah yang cukup jelas menggambarkan wujudnya.

“Alam Peudeung dalam bahasa Aceh, “alam” yang berasal dari bahasa Arab berarti bendera dan “peudeung” adalah pedang. Bendera alam peudeung merupakan simbol untuk membangkitkan semangat perang,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, banyak versi yang menerangkan tentang simbol daerah Aceh. Namun ia meyakini bahwa Alam Peudeung merupakan bendera sesungguhnya Aceh.

“Memang banyak versi, tapi saya cenderung dengan ini,” ungkapnya seraya menunjukkan ilustrasi Alam Peudeung yang tampil dalam buku Tarikh Aceh dan Nusantara karya Zainuddin.

Buku dengan gambar ilustrasi bendera Aceh di masa Kerajaan Aceh Darussalam berjudul “Alam Atjeh” terdapat syair berbahasa Aceh yang berbunyi, “Di Aceh ada Alam Peudeung, Cap Sikureung di tangan raja”. Dan buku tersebut menceritakan kegemilangan sejarah Aceh.

Dilanjutkannya, Forkab Aceh Barat bersama ribuan anggotanya siap mendukung penuh penggunaan bendera alam peudeung sebagai lambang Aceh.

“Direalisasikannya bendera alam peudeung sebagai pengganti bendera bulan bintang nantinya diharapkan bisa membawa perubahan Aceh secara menyeluruh,” Harap Tgk Baharrudin. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Masuk Desa, BIN Aceh Ikut Sukseskan Vaksinasi di Aceh Timur.

Wali-news.com, Aceh Timur – BIN Daerah Aceh kembali