Gampong Pelanggahan Kota Banda Aceh lakukan ” Partial Lockdown “

Gampong Pelanggahan Kota Banda Aceh lakukan ” Partial Lockdown “

0

Walinews-Banda Aceh

Antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona Disease 2019 (COVID19) di Banda Aceh terus di lakukan oleh semua kalangan,mereka secara bersama bersatu dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

Terlebih Wali Kota Banda Aceh,Aminulah Usman telah mengintruksikan melalui surat edarannya tentang antisipasi Corona, dengan pemberlakukan gerak terbatas dengan tidak melakukan hal hal yang bersifat keramaian.

Pun, demikian yang dilakukan oleh Kampung Peulanggahan,Kecamatan Kuta Raja,Kota Banda Aceh,Mereka secara swadaya melakukan pembatasan gerak dengan melakukan partial lockdown.

Pembatasan ruang gerak yang di lakukan oleh warga pelanggahan ini dengan memberlakukan jalan keluar satu pintu demi membatasi tamu yang masuk dan warga yang akan bepergian ke luar,untuk memudahkan pemantauan.

Selain itu mereka juga melakukan penyemprotan Disinfectant kepada setiap kenderaan yang masuk kedalam Kampung tersebut.

Menurut Kepala Desa Gampong Peulanggahan,Ferdiansyah,Minggu (29/03) kepada wali-news.com mengatakan apa yang kita lakukan ini adalah upaya bersama dalam mgantisipasi agar Virus Corona tidak masuk di Kampung ini,maka kita swadaya bersama pemuda Peulanggahan melakukan upaya untuk meminimalisir angka penularan COVID19.

Semua jalan akses keluar masuk ke kampung ini sudah kita tutup, jadi kita cuma memberlakukan satu pintu guna untuk memudahkan pengawasan bagi orang yang keluar masuk,baik itu warga kita atau pendatang yang ingin masuk ke Peulanggahan,maka mereka terlebih dahulu kita semprot dengan Disinfectant agar Virus dan kuman mati merekapun aman untuk masuk ke kampung iini.” Tutur Ferdiansyah.

Di tambahkan oleh Kepala desa,antisipasi ini yang kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran,apalagi Desa tetangga kita Lampseh telah di temukan dua Korban Positif Corona jadi kita lebih extra waspada.

Selain itu yang kita lakukan ini juga menindaklanjuti surat edaran bapak Wali Kota Banda Aceh,tentang pembatasan gerak terhadap warga kota untuk sementara waktu tidak melakukan tindakan keramain,maka kita lakukan dengan isolasi terbatas dengan pageu gampong ( memagari Kampung ),Tutup Kepala Desa.

Sementara anggota komisi A DPRK Kota Banda Aceh Husaini,menjelaskan sangat menyambut baik upaya swadaya dari pemuda dan warga Peulanggahan ini,partial lockdown atau karantina terbatas ini adalah cara untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran COVID19 ini.

Saya berharap apa yang di lakukan oleh gampong Pelanggahan ini dapat juga di lakukan oleh gampung lainnya di Kota Banda aceh,saat ini kami juga menghimbau upaya pencegahan yang paling baik kita lakukan adalah dengan cara mematuhi seruan Pemerintah salah satunya jangan melakukan bepergian keluar rumah untuk saat ini, kalau tidak ada keoerluan yang mendesak,Ucap Husaini

Lebih jauh Husaini menjelaskan pihaknya dalam pembatasan gerak ini kami meminta kepada pemerintah,juga memperhatikan ekonomi rakyat miskin, mereka berpendapatan harian.

Tentunya dengan di berlakukan isolasi ini mereka akan kesulitan ekonomi jadi pemerintah boleh mengabil sikap dan kebijakan membantu ekonomi mereka dengan pemberian sembako,sesuai surat edaran Kementrian Desa Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19.Kata Husaini di akhir wawancaranya.( CMA )

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antisipasi Covid-19,Objek Wisata Lebaran Aceh Selatan di Tutup

Wali-news.com,Aceh Selatan-Lebaran kali ini tidak seperti biasanya dirasakan