Gampong Pie Kecamatan Meraxa Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Management BUMG

Gampong Pie Kecamatan Meraxa Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Management BUMG

0

wali-news.com, Banda Aceh – Pemerintah Desa Pie bekerjasama dengan Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh menggelar pelatihan manajemen Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) selama dua hari dari tanggal 25 – 26 November 2019, di aula kantor camat setempat.

Acara tersebut dibuka oleh Tuha Peut Gampong Pie, Amiruddin Juned sebagai fungsi legislasi dan kontroling terhadap jalannya pemerintahan gampong, hal tersebut sesuai dengan kententuan UU No.6 tahun 2014, Jo Permendagri 110 tahun 2016.

Kepala Urusan (Kaur) Umum, Sandra Rafiq mengatakan, pelatihan BUMG tersebut dilaksanakan selama dua hari didampingi oleh pendamping lokal desa Gampong Pie, Yanti SE dan dihadiri oleh unsur Tokoh masyarakat, Tuha Peut, BKM, kaum ibu ibu dan tokoh pemuda.

“Management ini perlu dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dunia usaha, mengurangi pengangguran, serta tercapainya PAG (Pendapatan Asli Gampong) sesuai yang diharapkan oleh masyarakat,” kata Rafiq.

Sedangkan Pemateri dalam kegiatan tersebut dari tenaga Ahli PED program P3MD Kota Banda Aceh, Maulina Yani menyebutkan, menurut Permendes nomor 4 tahun 2015, dengan Dana Desa yang begitu besar diharapkan gampong bisa mandiri.

“Dan mampu menunjang kesejahteraan masyarakatnya,” harap Maulina.

Sementara itu, ketua BUMG Gampong Pie, Suryanto menjelaskan, beberapa jenis badan usaha milik gampong yang sudah dibangun yakni, Foto copy (1 unit), Rumah sewa (3 unit), dan Toko sewa (19 unit).

“Dengan sumber Anggaran dari Dana Desa tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya,” tutup Suryanto. (red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kalangan Akademisi Dukung Perluasan Ibu Kota Provinsi Aceh

wali-news.com, Banda Aceh – Wacana perluasan Ibu Kota