Gandeng 8 Lembaga, Tim LKP Cabang Aceh Barat Gelar Pelatihan PKW Dan PKK

Gandeng 8 Lembaga, Tim LKP Cabang Aceh Barat Gelar Pelatihan PKW Dan PKK

0

wali-news.com, Meulaboh – Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Cabang Aceh Barat gelar Pembinaan dan Pelatihan Program Keterampilan Kerja (PKK) dan Program Kecakapan Wirausaha (PKW), bekerjasama dengan 8 Lembaga yang ada di Aceh Barat.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta itu, berlangsung di Aula Bappeda. Jumat (30/8/19). Dan dibuka oleh Direktorat Pendidikan Kursus dan Pelatihan | Ditjen Pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat Provinsi Aceh, Ashari Yahya, S.Pd., M.Pd. serta juga di hadiri oleh pengurus 8 Lembaga yakni : LKP APEC, Bimbel Tugu, Passiggrade, LPT – Profcom, Detik, Mandiri Service, Jaya dan LKP Gusti Custom.

Dalam sambutannya Ashari Yahya mengatakan, kegiatan hari ini ialah pembukaan pelatihan dan pembinaan terhadap peserta (PKK) dan (PKW) yang ada di Aceh Barat.

Dikatakannya, program (PKW) dan (PKK)) adalah pemberian bantuan kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan, Yayasan/Sekolah, Badan Usaha/Industri, dan Perguruan Tinggi untuk mengadakan program pembinaan dan pelatihan Wirausaha yang sumber biaya / dananya dari Kemendikbud, Direktoral Jenderal pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

“Yang menjadi program utama yaitu bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, menyiapkan infrastruktur, agar dapat memudahkan bagi peserta untuk meraih prestasi,” sebutnya

Ia menjelaskan, untuk kegiatan pelatihan ini nantinya akan dilaksanakan di masing-masing lembaga, kenapa ini dilaksanakan bersamaan, agar bisa berjalan efektif dan tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar.

“Hari ini kita hanya memberikan motivasi kepada peserta yang mengikuti kursus ini, karena untuk menghadapi Era Globalisasi banyak persaingan, maka harus memiliki skill di bidangnya masing-masing.” Cetus Ashazi

Ketua Forum LKP Cabang Aceh Barat, Zulbaidi, SE., M.Si, mengatakan kegiatan pembinaan yang akan dilaksanakan tersebut yakni Pelatihan Manajemen Perkantoran, Servis Motor, Kursus Bahasa Inggris, Jaringan listrik dan penerangan, Menjahit, dan pelatihan Komputer. Ini nantinya akan dilaksanakan dan dilatih oleh instruktur masing-masing lembaga.

Diterangkanya, bahwa untuk peserta di utamakan bagi yang putus sekolah atau tidak kuliah, mereka dilatih untuk siap bekerja. “Peserta akan dilatih selama satu bulan, dan setelah itu akan dimagangkan seperti di kantor atau instansi pemerintah dan diperusahaan,” Terangnya.

“Kalau untuk program PKW, kita harapkan nantinya peserta bisa membuka lapangan pekerjaan, sedangkan yang program PKK kita latih untuk siap bekerja.” Harapnya.

Program di bawah Kemendikbud dan diadakan serentak seluruh Indonesia dengan tujuan agar dapat mengentaskan jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sisir Gampong, BIN Daerah Aceh Kembali Vaksin Warga Aceh Besar

Wali-news.com, Aceh Besar – Badan Intelejen Negara (BIN)