GERAK Aceh Barat : Proyek Miliyaran Terkesan Asal Jadi

GERAK Aceh Barat : Proyek Miliyaran Terkesan Asal Jadi

0

wali-news.com, Meulaboh – Pembangunan Pengaman Abutment Jembatan Ranto Panyang-Pasi Mesjid di Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat menuai sorotan dari elemen sipil dan masyarakat.

Proyek pembangunan tersebut mengunakan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2018 kabupaten-kota dengan pagu anggaran sebesar Rp. 3,3 Miliyar melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh. selasa (18/12/18)

Ketua GERAK Aceh Barat Edy Syahputra, mengatakan ada kejanggalan dalam proyek pembangunan Kerangka Baja Jembatan penghubung dua desa Ranto panjang-pasi mesjid tersebut.

“dari hasil laporan masyarakat serta dokumen di lapangan ditemukan unsur pekerjaan proyek yang terkesan “cileut-cileut.”
Temuan dilapangan memperlihatkan bahwa proyek pembangunan pengaman abutmen jembatan tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana disebutkan dalam dokumen proyek”, Ungkapnya.

padahal pihak konsultan pengawas atau konsultas supervisi (PT. Garis Putih Sejajar) sudah pernah menyurati pihak kontraktor pelaksana agar ketika pemasangan atau pemacangan tiang fender diameter 500 mm agar dilakukan dengan menggunakan crane untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun ketika pelaksanaanya dilapangan, kontraktor pelaksana tidak mengikuti aturan yang sudah disyaratkan oleh penyedia lelang dibawah satuan kerja PUPR Aceh.

“bila proyek ini dipaksakan sesuai dengan keinginan kontraktor pelaksana, tetapi bukan sesuai sebagaimana disyaratkan dalam dokumen lelang proyek, maka hal ini akan menimbulkan potensi kerugian keuangan negara, atas dasar itu pula kita meminta agar kiranya pihak penegak hukum untuk memanggil rekanan proyek dan pihak terkait lainnya” duganya.

Harapan kita, agar pihak terkait harus segera mengevaluasi proyek pekerjaan ini. Apakah layak untuk diselesaikan atau tidak, mengingat ada beberapa item spesifikasi dari proyek yang sudah dilanggar. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

1 Positif Covid-19 Saat Tim Asistensi Polda Aceh Lakukan Pemeriksaan di Perbatasan Tamiang-Sumut

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Tim Asistensi Polda Aceh