Gostra, Lomba ‘Panjat Pinang’ Ala Malta

Gostra, Lomba ‘Panjat Pinang’ Ala Malta

0
Tiang Gostra sedang diolesi dengan lemak babi oleh panitia. | REUTERS

wali-news.com –  Gostra, lomba ‘panjat pinang’ ala Malta. Gostra adalah sebuah permainan tradisional yang berasal dari Republik Malta.

dok. REUTERS

Permainan mirip dengan panjat pinang di Indonesia ini selalu digelar setiap tahun pada minggu terakhir bulan Agustus. Acara ini merupakan bentuk penghormatan kepada St Jossep dan St Julian di Malta.

Untuk memainkannya, para peserta harus bersaing memperebutkan bendera yang diletakkan pada puncak tiang dengan kemiringan 45 derajat. Biasanya tiangnya dipancang di atas sungai atau pantai.

Sama halnya dengan batang pinang dalam lomba panjat pinang di Indonesia, tiang dalam permainan ini juga dilumuri dengan pelumas. Bedanya, pelumas yang dipakai dalam Gostra adalah minyak dari lemak babi.

Kemiringan dan pelumas tersebut menjadi tantangan bagi semua peserta yang ikut lomba. Para peserta harus mengerahkan kemampuannya untuk bisa mencapai ke ujung tiang yang miring dan licin.

Gostra termasuk sebagai acara keagamaan di Republik Malta, dan sudah dilakukan oleh penduduk setempat sejak tahun 1800-an.

 

[Redaksi/dbs.]

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Ribuan Emak-emak di Neuheun Siap Menangkan Usman AR, Syukri dan Andi HS

Aceh Besar, wali-news.com – Anggota DPR Kabupaten Aceh