Gubernur Aceh Orang Pertama di Suntik Vaksin Covid-19 Sinovac

Gubernur Aceh Orang Pertama di Suntik Vaksin Covid-19 Sinovac

0

Wali-news, Banda Aceh– Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 Sinovac di Tanah Rencong. Vaksinasi itu dilakukan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Jumat, 15 Januari 2021.

Usai terima suntik di lengan sebelah kiri, Nova bertanya kepada petugas soal apakah suntik vaksin itu juga dilakukan di lengan sebelah kanannya.

” Sebelah lagi (lengan kanan) enggak ya, kalau bisa sebelah lagi ya,” ujar Nova sambil tertawa. Setelah itu Nova langsung ke meja registrasi untuk observasi setelah di vaksin.

Setelah 30 menit disuntik vaksin asal China, Nova belum merasakan efek samping apa pun. Dia optimistis vaksinasi akan berjalan dengan lancar.

” Ini sudah 30 menit ya, belum ada efek apa-apa, biasa saja. Semoga tidak ada,” katanya

Setelah Nova, vaksinasi kemudian diikuti oleh Pangdam Iskandar Muda, perwakilan Polda Aceh, Sekda Aceh, Ketua IDI Aceh, Kepala Dinas Kesehatan dan pejabat lainnya.

Menurut Nova, vaksinasi pertama dilakukan pihaknya untuk meyakinkan kepada masyarakat, bahwa vaksin jenis Sinovac itu halal dan aman. Apalagi sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Untuk itu ia meminta agar warga tidak takut dan bersedia divaksinasi agar bisa memutus rantai penularan virus corona. “Masyarakat jangan takut, ini aman dan halal,” kata Nova.

Vaksinasi untuk warga Aceh akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Pemerintah Aceh akan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat dan ulama untuk mensosialisasikan vaksinasi kepada warga.

Meskipun ada warga yang menolak, Nova mempersilakan. “Vaksinasi harus dilakukan, jika tidak mudaratnya jauh lebih banyak. Kami akan imbau melalui tokoh-tokoh masyarakat soal vaksinasi ini,” ujarnya.

Diketahui, sekitar 3,7 juta penduduk Aceh bakal divaksin. Total jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki Aceh saat ini mencapai 56.450 orang, sementara TNI dan Polri sebanyak 365.294 orang yang akan diprioritaskan.

Diketahui, sekitar 3,7 juta penduduk Aceh bakal divaksin. Total jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki Aceh saat ini mencapai 56.450 orang, sementara TNI dan Polri sebanyak 365.294 orang yang akan diprioritaskan.( Viva.co.id/-Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sadis, di Banda Aceh Satu Keluarga di Bantai Oleh Kerabat Dekat.

Wali-news.com, Banda Aceh – Satu keluarga menjadi korban