Harga Beli Murah, Ratusan Petani Sawit Nagan Raya Unjukrasa Ke PKS

Harga Beli Murah, Ratusan Petani Sawit Nagan Raya Unjukrasa Ke PKS

0

wali-news.com, Nagan Raya – Ratusan warga petani sawit di kabupaten Nagan Raya, melancarkan aksi protes ke Pabrik Kalapa Sawit (PKS), PT. Sawit Nagan Raya Makmur, Ensem Lestari dan UND (ujong neubok dalam), karena telah membeli sawit warga dengan harga murah.

Aksi ratusan warga tersebut berlokasi disimpang Alue Gajah, di Lamie, Kecamatan Tripa Makmur, Selasa (9/7/19). Dalam aksinya warga yang diikuti oleh petani sawit yang bermukim di kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmur, juga membawa spanduk dan karton yang bertuliskan tuntutan.

Massa berkumpul sejak pukul 08.00 WIB di Pasar Lamie, mereka menuntut dan meminta pada Bupati Nagan Raya agar harga sawit yang terus-menerus turun dapat dinaikkan kembali, massa menilai selama ini harga tersebut tidak prosedur dan dapat merugikan petani.

Ketua Ikatan Pemuda Nagan Raya (IPNR) Ihsani yang juga Koordinator aksi mengatakan, Aksi yang dilakukan warga adalah sebuah bentuk protes atas harga sawit yang dibayar dengan sangat murah oleh pihak PKS Nagan Raya.

“Petani meminta agar PMKS tidak mempermainkan harga TBS dan harus mengacu pada harga yang ditetapkan oleh pemerintah melalui panitia provinsi,” Ujarnya.

Kepada PMKS di Darul Makmur khusunya dan Nagan Raya pada umumnya, Inshani mengingatkan agar tidak menurunkan harga sawit jelang hari-hari besar Islam dan saat mobil pembawa sawit antri.

“PMKS jangan semena-mena menurunkan harga TBS menjelang hari-hari besar Islam dan saat mobil antri,” Cetus Ishani

Inshani meminta Pemkab Nagan Raya mengintruksikan kepada semua PMKS untuk bermitra dengan petani sawit sesuai Permentan Nomor I tahun 2018 dan Intruksi Gubernur Aceh pada tanggal 30 Agustus 2018 lalu.

Selain itu, pengunjuk rasa juga meminta Tim Pengawasan Harga TBS agar pro-aktif memonitor PMKS agar membeli TBS sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Panitia Provinsi Aceh. (Red/OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

FPMR Protes Keras Pemberian Gelar Kehormatan Pada PT MIFA Bersaudara

wali-news.com, Meulaboh – Aceh Barat – Forum Pemuda