Ini 29 Jalur Tikus, Titik Rawan Penyelundupan Narkoba di Aceh

Ini 29 Jalur Tikus, Titik Rawan Penyelundupan Narkoba di Aceh

0

wali-news.com, Banda Aceh – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menyebutkan di Aceh terdapat 29 jalur tikus pintu masuk titik rawan penyelundupan narkoba yakni melalui jalur pelabuhan di sekitar daerah timur Aceh.

“Wilayah tersebut berada di sekitar pesisir timur Aceh yakni wilayah Aceh Timur, Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Kabupaten Langkat (Sumut). Wilayah tersebut memang sulit dipantau oleh petugas dikarenakan luasnya wilayah.” Hal tersebut disampaikan Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser saat konferensi pers, di Kantor BNNP Aceh, Banda Aceh, Rabu (13/2).
Ia menambahkan pelabuhan tikus ini digunakan sebagai jalur masuk kapal-kapal kecil yang sulit dijangkau pengawasan petugas, paling banyak jalur tikus ini di wilayah kabupaten Aceh Tamiang terdapat 12 titik, sementara di wilayah Aceh Timur terdapat 10 titik, Kota Langsa 5 titik dan Kabupaten Langkat 2 titik.
Faisal mengatakan, maraknya penyelundupan narkoba karena di iming-imingi imbalan puluhan juta rupiah hanya dengan menyimpan dan mengedarkan barang tersebut, para pengedar rata-rata profesinya nelayan dan petani yang golongan ekonomi rendah sehingga sangat mudah dipengaruhi.
Lanjutnya pemberantasan narkoba ini diperlukan sinergitas antar instansi dan partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi di jalur rawan penyelundupan tersebut, karena banyak kasus penyelundupan narkoba terungkap lewat informasi masyarakat.
“Kami sulit mengungkap peredaran transaksi narkoba dari luar, dikarenakan mereka melakukan transaksi di tengah laut, tentu ini tidak diketahui oleh petugas.” pungkasnya.(fan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Polda Aceh Amankan Dua Pelaku Tindak Pidana ITE dan Memiliki Senpi Ilegal

wali-news.com, Banda Aceh – Satgas KKB Polda Aceh