Iqbal Jabat Kepala Kanwil Kemenag Aceh

Iqbal Jabat Kepala Kanwil Kemenag Aceh

0

Wali-News, Banda Aceh – Menteri Agama RI Jenderal (Purn) Fachrul Razi melantik Dr. H Iqbal, S.Ag, M.Ag sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Jumat (10/07/20).

Usai dilantik, pria yang lahir di Pidie  50 tahun silam itu, akan memfokuskan diri pada kerja-kerja peningkatan dan pembenahan administrasi, layanan haji, kualitas pendidikan madrasah dan pembinaan keagamaan dan kerukunan beragama.

“Saya yakin dan percaya saudara dapat melaksanakan tugas dengan tangung jawab sebaik-baiknya,” kata Menteri Agama, Fachrul Razi dalam sambutannya.

Menurut Fachrul pengangkatan Iqbal, telah melalui proses pengangkatan para pejabat tinggi di Kementrian Agama dan telah dilakukan melalui proses yang adil.

Sementara itu, usai dilantik, Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal mengaku akan fokus pada peningkatan dan pembenahan administrasi. Selain itu dirinya juga akan fokus pada peningkatan layanan haji, kualitas pendidikan madrasah dan pembinaan keagamaan serta kerukunan umat beragama di Aceh.

“Kita ingin sesuai dengan visi Menteri Agama untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang islami dan berakhlakul karimah,” katanya Iqbal dalam proses pelantikan secara virtual itu.

Iqbal menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama, Aceh setelah namannya masuk dalam tiga besar calon Kakanwil Kemenag Aceh yang lulus ujian Computer Asisted Test (CAT). Nama Iqbal akhirnya masuk dalam daftar nama yang diusul sebagai calon Kakanwil Kemenag Aceh ke Kemenag RI.

Sebelumnya, Iqbal menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Barat Daya. Selain Iqbal, ujian CAT itu, diikuti 5 orang calon lainnya yakni;

1. Marzuki A (Kankemenag Subussalam).
2. Abrar Zym (Kankemenag Aceh Besar)
3.Muntasyir (Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh)
4. Iqbal. (Kankemenag Aceh Barat Daya).
5.Azhari (Kankemenag Penaiszawa Kanwil Kemenag Aceh)
6. Zulkifli Idris (Kankemenag Bireuen).

Sebelum menduduki jabatan Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal juga pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Aceh Selatan. Iqbal dilantik Menteri  Agama bersama 19 pejabat eselon 2 di lingkup Kementerian Agama RI. (Win)

Editor : Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Enam Nelayan Aceh Selatan Dilaporkan Hilang

Rumah di Aceh Selatan tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang, Senin (03/08/20). Photo: Dok BPBD Aceh Selatan