Isilop dan Panci Presto

Isilop dan Panci Presto

0

wali-news.com, Opini – Tempo hari, jagat maya dihebohkan dengan viralnya sebuah video berisi salah seorang pedemo. Mengenakan almamater hijau dipiting anggota Satuan Anti Huru-hara di Jambi.

Dalam video berdurasi tak kurang dari tiga menit itu, menampilkan wajah sangar bagaimana aparat menjaga supremasi hukum, termasuk di dalamnya ketertiban masyarakat.

Dalam upaya penertiban, memang tak salah, terlebih anggota satuan bertameng itu memang kebanyakan tak bersosialisasi dengan manusia pada umumnya apalagi mahasiswa demonstran, bengal kritis dan sedikit tengil.

Protap mereka memang menghalau ricuh, meski begitu dialog bukanlah cara yang buruk untuk berkomunikasi, alih alih baku pukul.

Namun, yang menjadi menarik ketika salah satu petugas polisi yang tak berseragam meneriaki si pemiting dengan nada mengancam dan menyebut bahwa itu perwiranya. “Perwiraku woi, itu perwiraku,” dengan logat kental Sumatera Utara.

Selanjutnya, seperti terekam dalam video. Pemiting disikat dengan lutut dan terjatuh. Anggapan saya itu dia terjatuh lebih karena kaget, bahwa teman sendiri menjadi korban salah tangkap.

Tak lama berselang, setelah banyak tersebar di jejaring sosial media, Polri pun angkat bicara perihal itu, klarifikasi lebih tepatnya.

Barangkali itu langkah tepat, tapi juga perlu diingat bahwa aparat adalah garda depan sebuah negara, ibarat rumah, aparat adalah terasnya, disitu menampilkan bagaimana wajah negara terhadap warganya.

Sebab, untuk benci terhadap sistem politik yang dianut negara tertentu, warga memulainya dengan membenci watak refresif aparat seperti ISILOP (baca:Polisi)

Semakin refresif, maka semakin besar daya ledakan tersumbat. Seperti cara kerja panci presto, barangkali. Tabik !

Sumber Opini : Rifat Arif

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Peresmian Kelurahan Tangguh Nusantara Diresmikan Walikota Metro Wahdi Siradjuddin

wali-news.com, Metro Lampung – Peresmian Kelurahan Tangguh Nusantara