Jelang Puasa Harga Cabe Meroket di Aceh Selatan, Tomat, Bawang, Kentang Mulai Merangsek Naik

Jelang Puasa Harga Cabe Meroket di Aceh Selatan, Tomat, Bawang, Kentang Mulai Merangsek Naik

0

Wali-news.com, Aceh Selatan – Menjelang bulan Suci Rhamadan pedagang di pasar Inpres Tapaktuan mengeluh terkait tingginya kenaikan harga beberapa bahan pokok, bahkan dalam dua pekan terakhir, pasokan barang berkurang drastis. Kondisi ini menyebabkan menurunnya tingkat daya beli Masyarakat.

Khairudin pedagang Sayur di Pasar Inpres mengatakan harga tomat saat ini masih cukup tinggi di kisaran Rp15.000/kg, bukan hanya itu, bahkan cabe naik menjadi 40-45 rb/kg, bawang 35-40rb/kg, dan kentang naik 12 rb/kg, tingginya harga tersebut membuat daya beli masyarakat terus menurun.

“Harga tomat dan cabe masih mahal, dua kali lipat dibanding harga normal, sudah dua pekan inilah harganya melambung, karena pasokan dari petani juga sedikit”, katanya Rabu (02/3/2022).

Kelangkaan pasokan barang lantaran hasil tani kurang bagus dimusim kemarau, dan itu langsung dia tanyakan kepihak petani Medan melalui via teleponnya.

“Saya pesan barang 2 keranjang dan itupun saya banyak ruginya, karena barang yang dikirim begitu sampai banyak yang tidak layak jual, ini dikarenakan barang yang dikirim ada yang sudah tidak segar lagi akibat kelangkaan barang”, keluhnya.

Sementara itu Sahrul seorang padagang Grosir mengatakan omzetnya mengalami penurunan sekitar 30% dari sebelumnya, karena pembeli lebih memilih belanja kebutuhan pokok saja.

” Untuk penjualan beras, telur dan minyak makan masih cukup tinggi, bahkan sempat mengalami kekosongan barang. Untuk barang kebutuhan lainnya yang mengalami penurunan daya beli masyarakat “, jelasnya

Hasil pantauan Wali-News.com sebulan menjelang Rhamadan di Pasar Inpres Tapaktuan, kegiatan pasar terlihat sepi dari pembeli. Beberapa Ibu-ibu yang di temui mengatakan mereka lebih memilih belanja barang yang menjadi kebutuhan pokok saja.(Zasrial)

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Usai Dilantik, Safaruddin Resmi Ketuai PBSI Aceh

Wali-news.xom,Banda Aceh – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulu