Kadis DKP Aceh Aliman Jemput Kepulangan Nelayan Aceh yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand

Kadis DKP Aceh Aliman Jemput Kepulangan Nelayan Aceh yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand

0

Wali-News.com, Banda Aceh– Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S,Pi, M,Si, bersama Kepala Dinas Sosial Dr, Drs Yusrizal, M, Si yang di damping Sekretaris Panglima Laot Aceh Miftah Tjut Adek, Sub Koordinator Operasional Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pangkalan (PSDKP) Lampulo Herno Adianto, S, Pi mejemput kepulangan 4 nelayan asal Aceh Timur yang sempat ditahan oleh otoritas Thailand di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar. Jumat, (17/09/2021).

Kadis DKP Aceh Aliman S,Pi, M,Si menyebutkan, 4 orang nelayan asal Aceh Timur yang ditahan Pemerintah Thailand, setelah memasuki perairan Pulau Yai dan Pulau Phuket di lepas pantai Phang Ngah pada bulan April.

“Mereka ditahan saat memasuki perairan Pulau Yai dan Pulau Phuket Thailand, setelah menjalani masa hukum dan diputuskan bebas oleh pengadilan otoritas Thailand keempat nelayan tersebut baru dibebaskan,” kata Aliman.

Keempat nelayan asal Aceh timur tersebut adalah M Hidayatullah usia (17) tahun, Muliadi (18) tahun, Muslim Maulana usia (18), dan Jamian dengan usia (17). Semuanya yang dijemput hari ini (17/09) berasal dari Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Kadis DKP Aceh Aliman, S,Pi, M,Si, mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu proses pemulangan empat nelayan asal Aceh Timur tersebut sehingga pada saat ini sudah tiba di Banda Aceh, untuk selanjutnya akan diserahkan kepada pihak keluarga.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pemulangan empat Nelayan Aceh, baik dari pihak Konsulat RI di Songkhla, Imigrasi dan Badan Penghubung Pemerintah Aceh yang ada di Jakarta,” tambah Aliman.

Sebelumnya empat nelayan Asal Aceh Timur telah diterbangkan oleh pihak Konsult (RI) Songkhla menuju Indonesia, dan tiba di Jakarta pada hari Kamis, 16/09).

Saat tiba di Jakarta ke empat nelayan Aceh tersebut langsung disambut oleh Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA),  setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dukumen, pada Jum,at, (17/09)pagi ke empat-empat dipulangkan ke Aceh, dan segera dapat berkumpul bersama keluarga di Aceh Timur. (Red)

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Unaya, UPM Malaysia dan Sejumlah Universitas di Indonesia Laksanakan Seminar Serantau Seri 2

Wali-News.com, Aceh Besar– Universitas Abulyatama (Unaya) berkolaborasi dengan