Kegiatan Pangdam Iskandar Muda Hari ini

Kegiatan Pangdam Iskandar Muda Hari ini

0

wali-news.com, Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrudin, S.Sos, shalat subuh dan mengikuti  ceramah subuh di mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin  (25/12).

Kegiatan ini dalam rangka peringatan 13 tahun terjadinya tsunami di provinsi Aceh tepatnya pada 26 Desember 2004.

Pada kegiatan tersebut sebagai penceramah Ustad Akhi Tamlicha Hasan Lc. Menyampaikan, Pada tanggal 22 Desember tahun yang lalu negara kita memperingati hari ibu,  sesungguhnya negara kita mengkhususkan bahwa hari ibu adalah hari spesial,  begitu juga didalam Al-quran,  agama Islam juga mengkhususkan kata-kata ibu, untuk itu mari kita selalu bersyukur terhadap nikmat Allah SWT.

Sesungguhnya agama Islam sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan kaum perempuan, dengan menyamakan mereka dengan kaum laki-laki dalam mayoritas hukum-hukum syariat, dalam kewajiban bertauhid kepada Allah, menyempurnakan keimanan, dalam pahala dan siksaan, serta keumuman anjuran dan larangan dalam Islam.

Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia orang yang beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun” (QS an-Nisaa’:124).

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS an-Nahl:97). [Lihat keterangan syaikh Bakr Abu Zaid dalam kitab “Hiraasatul fadhiilah” (hal. 17)].

Sebagaimana Islam juga sangat memperhatikan hak-hak kaum perempuan, dan mensyariatkan hukum-hukum yang agung untuk menjaga dan melindungi mereka. [Lihat kitab “al-Mar’ah, baina takriimil Islam wa da’aawat tahriir” (hal. 6)]. Syaikh Shaleh al-Fauzan berkata, “Wanita muslimah memiliki kedudukan (yang agung) dalam Islam, sehingga disandarkan kepadanya banyak tugas (yang mulia dalam Islam).

Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  selalu menyampaikan nasehat-nasehat yang khusus bagi kaum wanita, bahkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan wasiat khusus tentang wanita dalam kutbah beliau di Arafah (ketika haji wada’). [Dalam HR. Muslim (no. 1218)]. Ini semua menunjukkan wajibnya memberikan perhatian kepada kaum wanita di setiap waktu.

Tugas dan peran penting wanita, Agungnya tugas dan peran wanita ini terlihat jelas pada kedudukannya sebagai pendidik pertama dan utama generasi muda Islam, yang dengan memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, berarti telah mengusahakan perbaikan besar bagi masyarakat dan umat Islam. Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin berkata, “Sesungguhnya kaum wanita memiliki peran yang agung dan penting dalam upaya memperbaiki (kondisi) masyarakat. Akhir penyampaian Ustad Akhi Tamlicha Hasan Lc.

Turut hadir  Irdam IM, Kolonel Inf Fajar Budiman, Para Asisten Kasdam IM, Kabalak, Dansat, para Prajurit dan PNS Jajaran Kodam IM dan para jamaah shalat subuh.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus