Kertas Suara 5 Warna Bukan Buatan KPU

Kertas Suara 5 Warna Bukan Buatan KPU

0

JAKARTA(Wali-News.com) – Beredar gambar terkait informasi warna dalam surat suara Pemilu 2019. Namun KPU mengatakan belum menetapkan warna pada surat suara.

“KPU belum menetapkan desain surat suara, yang sudah dilakukan adalah uji publik desain surat suara,” ujar Komisioner KPU, Hasyim Asyari, melansir Detik.com.

Saat ini telah banyak beredar gambar terkait warna dalam surat surat, baik surat suara capres maupun DPRD. Dalam gambar yang beredar, warna hijau untuk surat suara DPRD Kabupaten/kota, biru untuk DPRD provinsi, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, dan abu-abu untuk surat suara presiden dan wakil presiden.

Namun, Hasyim mengatakan informasi terkait warna tersebut bukan dari pihaknya.

“Itu bukan bikinan KPU,” kata Hasyim.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Komisioner KPU Ilham Saputra, dia mengatakan saat ini KPU belum mensahkan Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur warna dalam surat suara. Sehingga informasi terkait warna dalam surat suara tersebut, bukan informasi resmi dari KPU.

“Belum (warnanya belum ditetapkan), belum ditetapkan PKPU nya. Jadi itu (warna surat suara) bukan resmi dari KPU ya, soal surat suara lima warna tadi,” kata Ilham.

Namun, Ilham mengatakan terkait rencana warna pada surat suara ini, telah dibicarakan dengan komisi II. Menurutnya, bila KPU telah menetapkan maka akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Surat suara lima warna sudah di RDP kan ke komisi II. Tapi pungut hitung, atau PKPU soal pungut hitung itu belum disahkan,” kata Ilham.

“Tapi kemudian jika kami nanti sahkan, maka kami akan sosialisasi kepada masyarakat dan penyelenggara pemilu di level bawah,” sambungnya. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri