KIP Aceh Barat : Dua Kotak Suara Kardus Rusak Saat Uji Coba

KIP Aceh Barat : Dua Kotak Suara Kardus Rusak Saat Uji Coba

0

wali-news.com, Meulaboh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat melalakun uji coba Kotak suara berbahan kardus duplek tersebut, malah terjadi kerusakan di bagian pinggir hampir 15 centimeter.

Namun berbeda saat di ujih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, Kotak suara kardus yang kabarnya mampuh menahan beban 60 kg dengan cara diduduki telah dipraktekkan oleh Ketua KPU Arief Budiman, hasilnya aman dan tidak rusak seperti yang terjadi di KIP Aceh Barat.

Ketua KIP Aceh Barat, Teuku Novian Nukman mengatakan rusaknya kotak suara tersebut kemungkinan besar kerena diuji berulang kali. Namun ia tidak bisa memastikan penyebab utama rusaknya kotak suara tersebut saat diuji coba.

Menurut Novian kotak suara yang dikirimkan KPU pusat dari jumlah 3.373 kotak suara dua diantaranya rusak, pihaknya menemukan ada dua kota suara yang rusak.

“Itu sudah beberapa kali di uji dua kotak suara terjadi kerusakkan. Namun saya tidak bisa memastikan itu rusak kenapa,” kata Novian, kepada wartawan. Rabu (19/12/18)

Novian juga mengatakan, penggunaan kotak suara berbahan karton duplek tersebut sebenarnya bukan hanya digunakan pada Pemilu 2019 ini saja, namun sudah dimulai sejak Pemilu 2014 dan pilkada 2017 lalu.

Bukan hanya kotak suara, KIP Aceh Barat juga kekurangan bilik suara sebanyak 452 unit dari 2.512 unit yang dibutuhkan. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Masuk Desa, BIN Aceh Ikut Sukseskan Vaksinasi di Aceh Timur.

Wali-news.com, Aceh Timur – BIN Daerah Aceh kembali