KIP Tetapkan 25 Anggota DPRK Aceh Barat, PA Kuasai 6 Kursi Di Parlemen

KIP Tetapkan 25 Anggota DPRK Aceh Barat, PA Kuasai 6 Kursi Di Parlemen

0

wali-news.com, Meulaboh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) mengelar Rapat pleno terbuka penetapan Angota DPRK Aceh Barat periode 2019-2024, rapat tersebut berlangsung di Lantai 1 Gedung DPRK setempat. Senin, (22/7/19).

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KIP, Teuku Novian Nukman bersama 4 komisioner lainya, dan turut hadir Bupati Aceh Barat diwakili oleh Sekda, Kapolres Aceh Barat, Dandim 0105, Ketua MPU, Ketua MAA, Ketua MPD, Rektor UTU, Ketua Stain TDM, Ketua Panwaslih dan Anggotanya, Pimpinan Parpol peserta Pemilu serta Sejumlah PPK Kecamatan se-Kabupaten Aceh Barat.

T. Novian Nukman membacakan tata tertip acara serta membacakan perolehan suara partai juga caleg di setiap Dapil. “Ada lima Dapil di Kabupaten Aceh Barat, dari nama-nama caleg yang lolos sebanyak 25 orang”.

Novian merincikan, Dapil 1 Johan Pahlawan yakni, Partai Aceh (PA) mendapatkan 2 Kursi, Gerindra, Golkar, PKS, PAN, Demokrat dan PNA. Masing- masing memperoleh 1 kursi. Dapil 2 Samatiga, Arongan Lambalek dan Bubon yakni, Partai Gerinda, PAN, Demokrat dan PA masing-masing mendapatakan 1 kursi dari jumlah 4 kursi.

Sementara, Dapil 3, Woyla, Woyla Barat, Woyla Timur dan Sungaimas yakni, terdiri dari 4 kursi, masing-masing diperoleh oleh Partai Gerindra, Golkar, PPP dan PA, selanjutnya Dapil 4, Kaway XVI, Pante Ceureumen dan Panton Reu yakni, Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan PA, dari jumlah 4 kursi, masing-masing memperoleh 1 kursi.

Terakhir Dapil 5 Kecamatan Mereubo yakni. Partai Golkar, PPP, PAN dan PA sukses mendapatkan masing-masing 1 kursi, ujar Novian.

Menurut Novian, setelah penetapan ini, pihaknya akan mengusulkan nama tersebut kepada Gubernur melalui Bupati Aceh Barat untuk selanjutnya diresmikan atau dilantik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Mewakili Bupati, Sekda Adonis menyampaikan arahanya, bahwa Bupati Ramli MS memberikan apresiasi kepada KIP dan seluruh jajarannya, atas sukses dan lancarnya penyelenggaraan Pemilu 2019 di Aceh Barat.“KIP, Panwaslih dan TNI-Polri telah berhasil menyelenggarakan Pemilu yang jujur, lancar, aman, damai dan demokratis” ujar Adonis.

Komisioner lainnya, Sabki Mustafa Habli. Juga mengatakan, Partai politik yang mendominasi perolehan kursi DPRK setempat adalah, Partai Aceh (PA) 6 kursi, disusul PAN 4 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 4 kursi dan Partai Demokrat 3 kursi. Sedangkan PPP mendapatkan 2 kursi, selanjutnya PKS dan PNA masing-masing memperoleh 1 kursi.

Dikatakannya, penetapan 25 Anggota DPRK Aceh Barat tersebut berdasarkan surat KPU RI nomor 1027/PL.01.09-SD/03/KPU/VII/2019, perihal penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilu 2019, dengan telah ditetapkanya Anggota Dewan priode ini, makan Anggota Dewan Priode 2014-2019 telah berakhir. Jelasnya. (OS).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

GEMAS di Aceh Tengah, Dinsos Aceh Distribusikan 39.125 Masker Kain dan 10.785 Masker Medis

Wali-news, Aceh Tengah – Pemerintah Aceh melalui Dinas