KOMPAK Bahas Pengelolaan Dana Otsus Bersama Bupati Aceh Jaya

KOMPAK Bahas Pengelolaan Dana Otsus Bersama Bupati Aceh Jaya

0
wali-news.com, Calang – Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), melakukan perjalanan ke Aceh Jaya dalam rangka membahas berbagai informasi dalam pengelolaan dana Otsus di Aceh dan Papua. Dengan mengadakan acara lokakarya pertukaran pengalaman praktik baik dan permasalahan pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus), di aula lantai III Sekdakab, Calang, Aceh Jaya, Selasa (23/1)
Acara lokakarya pertukaran pengalaman ini membahas mengenai tentang implementasi kebijakan otsus dan sharing pengalaman antar tiga daerah yaitu Aceh Jaya, Papua Barat dan Papua dalam penggunaan dana Otsus dalam program sosial khususnya program Aslureti.
Dalam sambutannya perwakilan Pemerintah Provinsi Papua, Andri Sp. MSi mengatakan dalam lawatan ke Kabupaten Aceh Jaya bertujuan untuk belajar tentang pengalaman dalam merealisasi bantuan sosial yang telah berhasil dan telah terlaksana di Kabupaten Aceh Jaya.
“Kami juga berharap setelah kunjungan ini bisa diterapkan di Papua dan juga sharing pengalaman tentang berbagai program sosial karena di Papua banyak juga program yang telah diterapkan yang telah berjalan terutama dalam program “GERBANGMAS HASRAT PAPUA”.” Ujar Andri.
Sementara Dr. Fleur Davies Konselor Kedubes Australia memaparkan kunjungan ini akan memberi kesempatan bagi ketiga Provinsi dengan berbagai cara-cara inovatif dalam meningkatkan pelayanan publik dibidang kesehatan, pendidikan, identitas hukum dan bantuan sosial.
“Menurutnya Dana Otsus harus digunakan secara efektif untuk meningkatkan layanan publik dan memajukan pembangunan di Kabupaten-kabupaten paling tertinggal dan terpencil. kegiatan pembelajaran lintas wilayah ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia mengoptimalkan penggunaan dana Otsus untuk mengatasi kemiskinan baik di Provinsi Aceh, Papua dan Papua Barat serta kegiatan ini difasilitasi oleh salah satu program pembangunan Pemerintah Australia dan Kompak (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan).” terangnya.
Sementara T. Irfan TB, Bupati Aceh Jaya dalam sambutannya mengatakan mengucapkan selamat datang ke Aceh Jaya yang telah menjadikan sebuah daerah yang dijadikan tempat berbagi pengalaman dalam program Aslureti dan program lainnya.
“Kabupaten Aceh Jaya merupakan sebuah daerah hasil pemekaran dari Aceh Barat pada tahun 2002, dan merupakan daerah yang paling parah terkena gempa dan tsunami. Kami juga sangat bersyukur walau daerah baru yang baru mekar,  Aceh Jaya telah banyak menjadi daerah sebagai daerah tujuan penelitian dan studi banding dari daerah lain baik Nasional maupun Internasional dalam pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus).”jelas Irfan TB.
Menurutnya selama ini Kabupaten Aceh Jaya telah banyak melakukan berbagai program yang pro rakyat seperti program Aslureti, malem dagang, biaya pendidikan gratis sampai program kesehatan ke rumah-rumah (mengunjungi pasien ke rumah) dan berbagai program pro rakyat lainnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus