Komunitas GenBI UTU Sosialisasi Bahaya Penyakit Demam Berdarah

Komunitas GenBI UTU Sosialisasi Bahaya Penyakit Demam Berdarah

0

wali-news.com, Meulaboh – Komunitas GenBI Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (UTU), Melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), untuk mengedukasi masyarakat cara mencegah perkembangbiakan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertema “Waspadai Penyakit DBD, Kenali Virus, Gejala Awal dan Tindakan Pencegahannya” dilaksanakan di desa Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Sabtu, (13/7/19).

Ketua Panitia Kegiatan Rahmat Dilta, mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga desa rundeng dan memberi pemahaman tentang pencegahan terjangkit penyakit DBD.

Selain itu juga di lakukan pembagian krim anti nyamuk serta pemasangan sticker kepada 80 rumah warga, yang berisi langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah DBD.

Ketua GenBI komisariat UTU Djulia Safitri mengatakan, sosialisasi ini adalah salah satu tindakan awal pencegahan penyakit DBD, dimana nantinya dapat mengedukasi warga agar dapat melakukan beberapa gerakan dengan menerapkan 3M yakni Menguras, Menutup, dan Mengubur sehingga dapat meminimalisir timbulnya penyakit DBD.

Djulia menjelaskan ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Komunitas GenBI Aceh komisariat UTU, diharapkan menjadi sebuah upaya agar masyarakat dapat waspada dan mencegah terjadinya DBD.

“Penyakit DBD merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dari jentik nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.” Katanya.

Kegiatan sosialisasi oleh mahasiswa UTU itu mendapat respon positif dari masyarakat rundeng. Salah warga Ibu Sri Rohani merasa senang dengan kehadiran adik-adik komunitas GenBI Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (UTU) di tempatnya.

“Kami merasa senang atas kegiatan sosialisasi dan pencegahan penyakit DBD, kegiatan ini sangat membantu warga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, agar tidak terjangkit penyakit Demam Berdarah,” ungkapnya.

Menurutnya pemukiman warga sekitar berada di daerah rawa-rawa sehingga rawan akan perkembangbiakan nyamuk DBD. Ia berharap kegiatan tersebut harus di tingkatkan dan berkelanjutan, karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Tuturnya. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Hubungan Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Barat Sangat Baik Dan Harmonis

wali-news.com, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan