Libatkan Mahasiswa Jadi Panitia Pilwali Makassar 2020, Dinilai Dapat Cegah Kecurangan

Libatkan Mahasiswa Jadi Panitia Pilwali Makassar 2020, Dinilai Dapat Cegah Kecurangan

0
Pendidikan pemilih dilakukan KPU Kota Makassar agar pemilih dapat menggunakan haknya dengan rasional dan tidak terlibat dalam money politik.

wali-news.com, Makassar – Puluhan mahasiswa Universitas Muslim Indonesi (UMI) Makassar dengan antusias mengisi Aula Fakultas Sastra dalam acara yang mengangkat tema KPU Road to Campus Pilwali Makassar 2020, Selasa (19/11/2020).

Acara yang diselenggarakan KPU Kota Makassar itupun turut menghadirkan narasumber dari pihak KPU, yakni Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar serta Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Makassar, Endang Sari.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga siang hari itu bertujuan untuk menggaet peran mahasiswa Kota Makassar dalam menyukseskan pelaksanaan Pilwali Makassar 2020 mendatang.

Bahkan, Gunawan Mashar, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar, ingin melibatkan mahasiswa dalam kepanitiaan seperti Relawan Demokrasi (Relasi) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang membutuhkan ribuan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami berharap adik-adik mahasiswa ikut terlibat dalam kepanitiaan KPU nantinya. Karena kami menilai mahasiswa dapat masuk ke banyak lini, seperti Relasi misalnya, bisa melakukan sosialisasi di berbagai kelompok masyarakat, seperti kelompok disabilitas, kelompok nelayan, dan komunitas-komunitas anak muda,” tuturnya.

Disebutkan bahwa mahasiswa yang menjadi relawan KPU juga dapat mendampingi dan merekapitulasi suara tiap kecamatan.

Ia melanjutkan, idealisme dan kenetralan sangat penting, sehingga ia mempercayakan kepada mahasiswa untuk menjadi relawan ataupun panitia karena mahasiswa tidak mudah diajak kompromi oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Endang Sari, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Makassar kemudian menyampaikan, terdapat kekuatan besar yang sebenarnya terdapat di Kota Makassar, yaitu mahasiswa di kampus.

Untuk itu, ia melanjutkan, pihaknya berharap besarnya keterlibatan mahasiswa Makassar dalam penyelenggaraan Pilwali Makassar 2020 mendatang sebagai PPK atau Relasi.

(Tiara Ayu)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Refleksi Akhir Tahun, DPRD Kota Makassar Gelar Diskusi Publik Masalah Aktual Kemasyarakatan

wali-news.com, Makassar – Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan di