Mahasiswa Desak Kapolda Sumut Dicopot

Mahasiswa Desak Kapolda Sumut Dicopot

0

BANDA ACEH (Wali-News.com) – Kembali terjadi pemukulan dan pelemparan batu yang dilakukan aparat kepolisian terhadap Mahasiswa yang menyuarakan Hak Politiknya. Aksi yang damai yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Medan berujung pada pemukulan dan pelemparan batu, tidak hanya oleh aparat kepolisian namun juga dilakukan oleh oknum-oknum preman dengan membawa kayu dan batu.

Mahasiswa pun mengalami luka-luka dan memar akibat pemukulan baik yang dilakukan oleh aparat kepolisian ataupun oknum preman bayaran.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mengemukakan pendapat dimuka umum adalah suatu hal yang sah dan merupakan hak yang dijamin oleh Undang Undang Dasar 1945 yang merupakan hal yang dilindungi oleh Undang Undang No 9 tahun 1998. Namun nyatanya aparat kepolisian masih saja melakukan tindakan represi terhadap hak yang digunakan oleh Mahasiswa.

“Saya sangat menyesali adanya tindakan kekerasan yang dialami oleh rekan-rekan mahasiswa di medan yang diduga dilakukan oleh oknum kepolisian, kami semua (mahasiswa) mendesak agar Kapolda Sumut segera melakukan tindakan tegas”. Tegas M. Yasir selaku Presiden BEM Unsyiah.

Dengan ini maka Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala 2018 mendesak agar Kapolda Sumatera Utara (Sumut) mundur dari jabatannya apabila ;

1. Kapolda Sumut tidak mengambil sikap tegas terhadap oknum polisi yang melakukan pemukulan terhadap mahasiswa.

2. Tidak adanya kepercayaan masyarakat terhadap instansi polisi yang diduga berkonspirasi ke kelompok tertentu untuk melakukan pemukulan mahasiswa.

3. Tidak dirasakan kehadiran polisi yang bertujuan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan perlindungan dan pengayoman.

4. Tidak bersikap adil dalam proses penegakan hukum dan menjunjung tinggi HAM.

5. Tidak melakukan reformasi instansi polisi untuk menghindari arogansi aparat kepolisian.

Sekian pernyataan sikap kami dan mengajak kepada seluruh Mahasiswa Unsyiah dan Mahasiswa Universitas lain ataupun Mahasiswa dari Gerakan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus untuk BERSATU MENJAGA GAWANG DEMOKRASI yang harus kita rawat bersama.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

1 Positif Covid-19 Saat Tim Asistensi Polda Aceh Lakukan Pemeriksaan di Perbatasan Tamiang-Sumut

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Tim Asistensi Polda Aceh