Menang Indonesia Mengaji, Qari Pemilik Suara Merdu itu Adilla Lathifa, Nominasi MTQ Internasional

Menang Indonesia Mengaji, Qari Pemilik Suara Merdu itu Adilla Lathifa, Nominasi MTQ Internasional

0

Wali-news, Banda Aceh – Lantunan ayat-ayat suci Alquran yang dibaca dengan irama khas, saban hari terdengar dari kediaman Adilla Lathifa (23 Tahun) di Gampong Lamcot, Kota Banda Aceh. Meski tak seramai biasa, Dila-sapaan akrab-Adilla Lathifa, sang pemilik suara, tetap mempersiapkan diri mengikuti TC persiapan mengikuti MTQ.

Sejak Pandemi Corona, rutinitas pengajian di kediamannya sedikit sepi karena sejumlah santri yang biasa belajar mengaji kini tak lagi datang. Hanya santri dari sekitar tempat tinggalnya yang masih rutin datang untuk belajar mengaji.

” Santri lain banyak yang pulang kampung, ikut orang tua mereka karena libur akibat situasi pandemi ini,” kata Sarjana Pendidikan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry itu, Kamis (21/05/2020).

Putri pasangan Rasyidin dan Yulidarni ini merupakan 1 dari delapan peserta yang dipilih program Indonesia Mengaji di salah satu televisi swasta Indosiar.
Selain berhak atas swjumlah uang tunai, kini Dila juga masuk nominasi mewakili Indonesia diajang Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional mewakili sesuai janji Kementrian Agama RI.

“Alhamdulillah, berkah ramadhan, saya senang sekali atas prestasi kali ini dan doakan saya bisa mewakili Aceh untuk tingkat internasional,” ujar Dila.

Segudang prestasi ditingkat lokal bahkan Asia Tenggara telah ditoreh Dila diajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Terakhir, Dila dijadwalkan mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Provinsi Banten yang pelaksanaannya terpaksa diundur dari jadwal semula digelar 20 Juni, hingga berakhirnya Pandemi Corona.

Prestasi yang diraih Dila, tak lepas dari ketekunannya belajar Tilawah Alquran sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Dorongan orangtua dan keluarga membuat Dila mulai menjajal kemampuan sejak tahun 2013 silam hingga bertemu sosok yang diidolakan, Qari Internasional, Hajjah Maria Ulfa.

“ Sungguh Allah Maha Kuasa mempertemukan saya dengan ustazah dan saya bahagia sekali meskipun bertemunya jarak jauh hanya melalui layar televisi saja, tapi saya sudah sangat bahagia,” jelas Sarjana lulusan Tahun 2020 ini.

Tak hanya Dila, Pandemi Corona juga membuat peserta program Indonesia Mengaji Indosiar lainnya, tidak dapat bertatap muka langsung dengan dewan juri salah satunua Hajjah Maria Ulfa. Mereka harus menjajal kemampuan dengan lokasi terpisah melalui teknologi sambung jarak jauh dari rumah masing-masing.

Dibabak pertama penampilannya Dila yang membacakan surat Al-Anfal 2-4, langsung mendapat nilai positif dewan juri. Pembawaan Dila yang tenang dan menjiwai ayat yang dibaca serta system pernafasan yang baik, membuat Dila lolos ke babak berikutnya dan menjadi salah satu peserya MTQ di Banten.

Peserta Indonesia Mengaji menunggu pengumuman pemenang yg disiarkan oleh siaran televisi indosiar.

Prestasi Dila di Indonesia Mengaji Indosiar membawa memori warga Aceh yang berjuluk “Serambi Mekkah” pada Qari dan Qariah Internasional asal Indonesia, khususnya Aceh yang nyaris meredup. Kemerduan suaramu melantunkan Ayat-ayat suci Alquran semoga mampu mengharumkan Aceh, Serambi Mekkah yang menerapkan syariat islam. Selamat Dilla! (win)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

135 Napi Asimilasi Covid-19 Kembali Dijeruji

Wali-news, Jakarta – Kepolisian telah menangkap 135 narapidana