Mobil Pengangkut Batu Bara Milik PT BEL, Dihadang Warga Suak Puntong

Mobil Pengangkut Batu Bara Milik PT BEL, Dihadang Warga Suak Puntong

0

wali-news.com, Nagan Raya – Sejumlah warga Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir. Kabupaten Nagan Raya. Melakukan penghadangan terhadap Mobil Pengangkut batu bara milik PT. Bara Energi Lestari (BEL).

Penghadangan tersebut dilakukan warga saat mobil yang mengangkut batubara melaju dari arah desa Peunaga Cut menuju PLTU Suak Puntong. Pada Selasa (12/3) siang di kawasan perbatasan Aceh Barat – Nagan Raya.

“Warga terpaksa melakukan penghadangan terhadap mobil batu bara tersebut, karena tidak sanggup lagi menahan hamparan debu batubara yang tiap harinya masuk kedalam rumah warga,” Kata H. T. Fakrudin kepada wartawan. Kamis, (21/3/19).

Menurutnya pengangkutan batubara milik PT. BEL itu, hampir tiap harinya lewat depan rumah warga menuju PLTU Suak Puntong, sehingga sangat mengganggu aktivitas warga setempat.

“Ia mengaku sangat kecewa dengan tim terpadu yang dibentuk Bupati Nagan Raya pada 5 September 2018 lalu, yang hingga kini belum melakukan pengerekan untuk menyelesaikan pencemaran lingkungan di kawasan tersebut,”

Sebelumnya Bupati Nagan Raya telah mengeluarkan SK Nomor 660/247/kpts/2018 tentang tim terpadu penyelesaian pencemaran lingkungan dalam kabupaten Nagan Raya.

Fakrudin menjelaskan, bawah tim terpadu tersebut dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati sebagai dewan pembina yakni, Dandim 0116, Kapolres dan Kajari Nagan Raya. Serta yang menjadi koordinator, Sekda, Asisten II, Bappeda dan Dinas Lingkungan hidup kabupaten Nagan Raya.

“Kita berharap Bupati segera mengambil langkah yang tegas terkait persoalan ini, melalui tim terpadu yang sudah terbentuk itu agar masalah debu cepat terselesaikan,” Harapnya.

Ia menambahkan, dalam beberapa hari ini warga akan melakukan pemantauan terhadap mobil pengangkutan batubara tersebut. Apa bila mobil tetap melintasi badan jalan nasional, maka warga akan melakukan hadangan kembali. Tegas Fakrudin, (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aceh Barat Gelar Upacara Kemerdekaan RI Di Mako Yonif 116 Garda Samudera

wali-news.com, Meulaboh – Upacara pengibaran bendera dalam rangka