Muhammadiyah Bangka Belitung Setujui Wacana Penundaan Pilkada 2020

Muhammadiyah Bangka Belitung Setujui Wacana Penundaan Pilkada 2020

0

Pangkalpinang, Wali-News.com – Muhammadiyah Bangka Belitung setuju wacana yang meminta agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ditunda.

Sekretaris PW Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri mengatakan sebagaimana himbauan yang disampaikan oleh pimpinan pusat Muhammadiyah, Muhammadiyah Bangka Belitung menghimbau kepada pemerintah agar Pilkada Serentak yang dilaksanakan pada tahun 2020 ditunda. Pasalnya, Pilkada Serentak dimasa pandemi Covid-19 akan memobilisasi massa yang cukup besar dan dikhawatirkan akan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Jika pelaksanaan Pilkada Serentak tidak memberikan dampak yang cukup besar kepada sistem pemerintahan ada baiknya Pilkada Serentak di masa pandemi Covid-19 agar ditunda. Pemerintah bisa mengambil langkah seperti memilih kepala daerah sementara oleh Menteri Dalam Negeri hingga selesainya pandemi Covid-19.” ujar Fadillah Sabri.

Fadillah menambahkan, jika Pilkada Serentak di masa pandemi Covid-19 tetap dipaksakan untuk dilaksanakan, dikhawatirkan akan terjadinya kecurangan yang lebih masif.

“Pelaksanaan Pilkada di masa pendemi Covid-19 akan terjadi penurunan pertisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam melaksanakan Pilkada, sehingga dikhawatirkan terdapat banyak Surat Suara kosong yang akan berpotensi terjadinya kecurangan, karena hingga saat ini tidak ada jaminan tidak akan terjadinya kecurangan.” sambung Fadillah Sabri

Selain itu, dalam pelaksanaan Pilkada Serentak di masa pendemi Covid-19 dikhawatirkan akan terjadinya Money Politik. Oleh sebab itu, diharapkan pemerintah agar mendengar himbauan dan masukan dari berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) besar terkait pelaksanaan Pilkada Serentak dimasa pendemi Covid-19.

“Hingga saat ini tidak ada jaminan dari pemerintah dan KPU pada pelaksanaan Pilkada Serentak tidak akan terjadi penyebebaran virus Covid-19 pada saat pelaksanaan Pilkada. Pelaksanaan Pilkada Serentak di masa pendemi Covid-19 dikhawatirkan akan menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 yang akan membuat meningkatnya pasien positif Covid-19.” tutup Fadillah Sabri. (Ra/WN)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Partai Gelora di Bangka Belitung Dukung Presidential Treshold 0%

Pangkalpinang, Wali-News.com – Angka Presidential Treshold (PT) sebesar