Nelayan Aceh Utara Temukan Kapal WNA di Perairan Seunoddon

Nelayan Aceh Utara Temukan Kapal WNA di Perairan Seunoddon

0

Wali-news,Aceh Utara – Nelayan Kabupaten Aceh Utara menemukan satu kapal motor yang sarat dengan warga negara asing di perairan kabupaten tersebut, Rabu (24/06/2020) pagi. Khawatir kapal tenggelam, nelayan akhirnya mengevakuasi kapal ke Kuala Jambo Aye berikut 94 penumpang.

Informasi diperoleh wali-news, keberadaan kapal pertama diketahui Faisal, salah seorang nelayan setempat. Saat tengah mencari ikan bersama rekannya, nelayan asal Matang Bayu Kecamatan Baktia itu, melihat keberadaan kapal di tengah laut atau 4 mil dari pesisir Pantai Kecamatan Seunoddon, Aceh Utara.

Karena curiga dengan kapal yang dinilai asing oleh nelayan setempat, Faisal yang melaut bersama kedua Abdul Aziz (40) dan Raja (30), akhirnya berupaya mendekat. Tiba di lokasi ketigannya menemukan fakta jika kapal yang sarat penumpang tersebut nyaris tenggelam.

Faisal akhirnya memberanikan diri untuk mengevakuasi para penumpang kapal itu.

” Kami berhasil membawanya tepat jauh dari tempat kami temukan awal hingga ke Kuala Tanah Jambo Aye . Namun nahas kapal kami mengalami kerusakan ,” Jelas Faisal.

Personel TNI/Polri dipimpin Kapolsek Seubeudon yang menerima informasi akhirnya turun ke lokasi dan memberi bantuan. Sementara itu Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto yang dihubungi wali-news.com mengatakan TNI/Polri dan unsur terkait masih berkordinasi terkait penanganan 94 WNA yang diduga etnis Rohingya.

“Kami masih dilapang untuk karena proses evakuasinya masih berjalan. Nanti akan saya sampaikan kembali terkait upaya penanganannya termasuk kondisi ke 94 orang awak kapal. Nanti setelah datanya akurat agar tak simpang siur,” kata Tri Hadiyanto.

Editor : Redaksi

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Penderita Covid-19 Aceh : 1.408 Orang Sembuh dan 2.052 Orang dalam Perawatan

Wali-news, Banda Aceh—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh