Pasien Covid-19 Umumnya Asimtomatik, Konfirmasi Baru 56 Orang

Pasien Covid-19 Umumnya Asimtomatik, Konfirmasi Baru 56 Orang

0

Wali-news, Banda Aceh—Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Coronanvirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG melaporkan 56 kasus konfirmasi positif hari ini (Kamis, 24/9/2020) memiliki simtomatik ringan hingga berat dan di rawat di rumah sakit.

Sementara itu 94,7% pasien Covid-19 lainnya tidak menunjukkan gejala klinis (asimtomatik), atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

“OTG wajib melakukan isolasi mandiri dan diawasi Satgas Covid-19 setempat. Bila timbul gejala ringan dan sedang, apalagi gejala berat, harus segera ditangani secara medis,” katanya.

SAG merinci asal penderita baru Covid-19 dan dirawat di rumah sakit, yakni warga Banda Aceh sebanyak 36 orang, Pidie Jaya 8 orang, Aceh Besar 7 orang, Gayo Lues 2 orang, Aceh Jaya dan Kota Sabang, masing-masing 1 orang. Sisanya, 1 orang merupakan warga dari luar daerah. 

Korban-korban baru virus corona tersebut dirawat di ruang perawatan Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging (PINERE) bersama  penderita Covid-19 lainnya, yakni 99 orang atau 5,3%. Mereka ada yang dirawat di PINERE RSUZA Banda Aceh sebanyak 55 orang, RSUD Meuraxa Banda Aceh 33 orang, RSUD Aceh Tamiang 7 orang, RSUD Nagan Raya 3 orang, dan di RSUD Zubir Mahmud, Aceh Timur 1 orang.

Menurut Jubir SAG, selain RSUD tersebut di atas, hampir semua RSUD kabupaten/kota telah memiliki instalasi PINERE bagi pasien probable dan konfirmasi Covid-19, dan tempat isolasi pasien suspek virus corona simtomatik.

Setiap RSUD wajib menyediakan 10% dari jumlah tempat tidur yang ada sebagai PINERE dan 20% untuk isolasi di rumah sakit.

“Pemerintah Aceh membantu anggaran untuk menunjang kegiatan penanganan Covid-19 di kabupaten/kota melalui skema bantuan khusus sesuai kebutuhan yang penting dan mendesak, antara lain untuk sektor kesehatan dan program kemandirian pangan,” tutur SAG.

Kumulatif Covid-19

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan ada penambahan 56 kasus positif Covid-19 (konfirmasi) baru, secara akumulasi jumlah korban virus corona di Aceh sudah mencapai 3.890 orang. Rinciannya, 1.888 orang dirawat di rumah sakit atau diisolasi, 1.857 orang dinyatakan sembuh, 145 orang meninggal dunia.

“Tidak ada pasien yang meninggal dunia yang dilaporkan dari kabupaten/kota hari ini,” tegas SAG.

Sementara itu, lanjutnya, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 402 orang. Dari jumlah tersebut, 54 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 327 sudah sembuh (selesai isolasi), dan 21 orang lainnya meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 2.829 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.538 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 289 orang dalam proses isolasi di rumah dan dalam pantauan Tim Gugus Tugas Covid-19 , dan 2 orang isolasi di rumah sakit, tutupnya[HA]

Editor : Nurmala

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Penderita Sembuh 131 Orang, Bireuen Dominasi Kasus Konfirmasi Covid-19

Wali-news, Banda Aceh—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang