Pasokan Kurang, Harga Kebutuhan Pokok Di Meulaboh Mahal

Pasokan Kurang, Harga Kebutuhan Pokok Di Meulaboh Mahal

0

wali-news.com, Meulaboh – Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Aceh Barat terus merangkak naik selama sepekan terakhir. Kenaikan harga sangat dirasakan untuk kebutuhan bumbu dapur terutama cabai. Jum’at, (12/7/19).

Sebelumnya harga cabai merah yang dijual di pasar tradisional Komplek Pasar Bina Usaha Meulaboh berkisar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram. Namun harga tersebut terjadi lonjakan dalam pekan ini bahkan mencapai seratus persen atau dijual Rp 80 ribu per kilogramnya.

Sumardi salah seorang pedagang KPBU Meulaboh, mengatakan mereka terpaksa menaikkan harga jual, lantaran harga tebus barang ditingkat distributor maupun grosir tinggi. Tingginya harga kebutuhan pokok membuat jumlah pembeli berkurang.

“Dampak dari naiknya harga jual sejumlah komoditi pertanian dan sembako, membuat pedagang ikut mengalami imbasnya. Pasalnya, banyak barang dagangan mereka tidak banyak dibeli konsumen karena memang sepi pembeli dan daya beli masyarakat yang sangat rendah,” kata Sumardi.

Mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok bukan hanya pada cabai merah, namun cabai rawit juga terjadi kenaikan, dari harga sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram kini menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

“Mahalnya harga cabai disebabkan pasokan yang kurang dari petani, lantaran banyak petani cabai lokal yang tidak menanam cabai beberapa bulan terakhir. Bahkan cabai merah didatangkan dari Sumatera Utara.” Ujarnya

Selain harga cabai, kenaikan harga juga terjadi pada harga jual telur ayam broiler, dari sebelumnya Rp40 ribu per papan, naik Rp 2.000 per papannya menjadi Rp42 ribu. Selain itu harga gula pasir juga terjadi kenaikan ditingkat pengecer. Harga gula pasir naik Rp1 ribu per kilogramnya, dari sebelumnya harga jual Rp13 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogramnya.

Untuk sayuran kenaikan terjadi pada kentang dari sebelumnya Rp80 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogramnya. Meski terjadi kenaikan harga untuk beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya, namun untuk harga jual bawang merah terjadi penurunan. Harga bawang merah dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram hingga Rp38 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih tetap stabil, dengan harga jual Rp35 ribu per kilgram, begitu juga dengan harga tomat yang masih dijual diharga Rp10 ribu per kilogramnya. (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dini hari,si Jago Merah Lalap Puluhan Ruko Di Kota Sinabang

Sinabang/wali-news.com Sedikitnya puluhan rumah toko di Simpang Lima,Kecamatan