Pastikan Tak ada Kenaikan Harga Barang, Petugas Gabungan Lakukan Operasi Pasar

Pastikan Tak ada Kenaikan Harga Barang, Petugas Gabungan Lakukan Operasi Pasar

0

wali-news.com, Meulaboh – Petugas gabungan dari Polres, Pemerintah Daerah (Pemda), Dinas Perdagangan Aceh Barat dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Meulaboh, melakukan operasi para mengantisipasi penimbunan bahan pokok dan kenaikan harga drastis di Pasar Bina Usaha (PBU) Meulaboh, Kamis (16/5/19).

Dalam operasi tersebut petugas memeriksa beberapa lapak dan gudang milik pedagang serta memeriksa kualitas komoditas yang dijual dipasar tersebut, seperti Beras, Bawang Merah, Bawang Putih, Daging, Telur, Ayam dan bahan pokok lainnya.

Kasat Reskrim Polres Aceh Barat, Iptu Muhammad Isral mengatakan. Hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas ke sejumlah lapak dan gudang milik pedagang tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Bahkan kualitas yang dipasarkan masih standar.

“Tidak ada penumpukan, apalagi hasil pantauan kita harga saat masih terjangkau dan tidak mengalami kenaikan drastis seperti saat memasuki waktu Meugang lalu,” kata Isral.

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi bukanlah disebabkan oleh langkanya barang atau pasokan yang kurang. Namun, hal itu disebabkan permintaan bahan poko selama ramadhan tergolong meningkat. Kemungkinan, mendekati lebaran idul fitri nanti kebutuhan dan harga bahan pokok bisa saja naik.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemda Aceh Barat, Armakandi mengatakan. Mayoritas pedagang di PBU Meulaboh masih memiliki ketergantungan terhadap produksi luar, sementara hasil lokal selama ini masih terabaikan.

“Produk lokal bukan berarti tidak ada, hanya saja petani kita masih tidak begitu konsisten terhadap produk pertanian yang dihasilkan, hal itulah menyebabkan ketergantungan pedagang akan pasokan dari luar provinsi seperti Medan dan Padang,” terangnya.

Dijelaskannya, hingga memasuki hari Raya Idul Fitri nantinya, pihak pemerintah memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masih cukup untuk memenuhi kebutuhan di daerah. Namun, jika nantinya membludak, maka pihaknya akan melakukan operasi pasar guna menjamin ketersediaan kebutuhan pokok.

“Kalau nanti bahan pokok yang ada tidak cukup memenuhi kebutuhan, maka akan dilakukan operasi pasar bersama pihak Bulog,” terangnya. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jpu Tak Hadir Lagi. Sidang Kasus Mas Kurang Kadar Kembali Ditunda

Wali-news.com, Banda Aceh – Kuasa hukum Sunardi, Razman