PDIP Usung Gibran-Teguh Prakoso, Solo menghangat

PDIP Usung Gibran-Teguh Prakoso, Solo menghangat

0

Partai politik di Kota Surakarta nampaknya keder mengajukan calon walikota pada Pilkada serentak Desember mendatang. Pasalnya PDI P memastikan mengajukan pasangan Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakoso sebagai Calon Walikota 2020 – 2024. Dengan 30 kursi, mereka satu-satunya parpol di Kota Surakarta yang tidak memerlukan koalisi.

Belum lagi Gerindra dan PSI sudah mempertimbangkan dukungan kepada Gibran. Tidak mudah bagi PKS (5 kursi), PAN (3 kursi) dan Golkar (3 kursi) mengajukan calon yang cukup sepadan untuk bertarung dengan pasangan GT.

Ditingkat masyarakat Solo, ketokohan orang PKS, PAN maupun Golkar sejak 10 tahun terakhir tidak muncul. Kondisi perpolitikan sendiri relative adem ayem. Sejak Pemilu usai 2019, tidak ada satupun nama yang coba dimunculkan mereka meski hanya sebagai test the water. Hal ini makin mengindikasikan pertarungan pasangan Gibran – Teguh bisa jadi dengan calon independen. Itupun bila calon independen yang sudah mendaftar lolos verifikasi KPU Kota Surakarta.

Disisi lain, waktu pemilihan makin mepet atau tersisa hanya 4 bulan saja hingga 9 Desember mendatang. Padahal jauh sebelum masa pandemic Covid 19, Gibran rajin turun ke masyarakat mendengar aspirasi, menyalurkan bantuan, menyediakan ambulans, menggelar pertunjukan daring serta beberapa kegiatan lainnya.

Pasangan Gibran, Teguh Prakoso bukan orang baru di PDI Perjuangan Kota Solo. Bisa diibaratkan Teguh merupakan calon terkuat pengganti Hadi Rudyatmo sebagai Ketua DPC. Pasangan ini menunjukkan kekuatan struktural partai dan dukungan dari masyarakat awam. Bahkan berdasarkan polling terakhir yang diadakan Solo Raya Polling, elektabilitas pria sulung putra Presiden RI ke 7 itu mencapai 55 persen. Bila ditambah kekuatan Teguh yang orang struktural partai bakal lebih besar lagi.

Pasti parpol non PDIP harus benar-benar mengkalkulasi bila ingin mengajukan calon. Sebab bila asal mengajukan tanpa mempertimbangkan banyak faktor ya mereka hanya akan mempermalukan diri sendiri.

Penulis : Sayed Munawir ( Ketua Pembina DPD Foreder Aceh )

Editor : Redaksi

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

GEMAS di Aceh Tengah, Dinsos Aceh Distribusikan 39.125 Masker Kain dan 10.785 Masker Medis

Wali-news, Aceh Tengah – Pemerintah Aceh melalui Dinas