Pelatihan KIG Diharapkan Permudah Koordinasi dan Pembentukan Jaringan

Pelatihan KIG Diharapkan Permudah Koordinasi dan Pembentukan Jaringan

0

wali-news.com, Banda Aceh – Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, Saiful Azmi, SP. M.Si berharap agar pelatihan dan pengembangan Kelompok Informasi Gampong (KIG) tahun 2018 dapat memudahkan koordinasi dan pembentukan jaringan KIG agar dapat menyampaikan kembali informasi yang ada kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Saiful Azmi saat menutup secara resmi pelatihan dan pengembangan Kelompok Informasi Gampong (KIG) tahun 2018 di Aula Gedung Madani Center, Diskominfotik Kota Banda Aceh, Kamis (16/8/2018).

Dalam sambutannya, Saiful Azmi berharap agar apa yang telah diberikan oleh pemateri menjadi informasi bagi masyarakat dan gampong. Saiful Azmi juga memberikan apresiasi kepada peserta pelatihan yang telah mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Kegiatan yang digelar selama empat hari sejak Senin (13/8/2018) ini diikuti puluhan peserta dari utusan gampong yang ada dalam wilayah Kota Banda Aceh dengan mengangkat berbagai materi.

“Kelompok Informasi Gampong (KIG) merupakan layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.” Pungkas Azmi

Saiful menambahkan, bahwa bentuk pemberdayaan KIG Kota Banda Aceh tahun 2018 berupa memfasilitasi pengembangan proses diskusi melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, ST, MM, MT yang ikut memberikan materi terkait bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di tengah-tengah masyarakat. Dikatakannya, penjajah yang lebih kejam merupakan penjajahan yang dilakukan melalui narkotika.

Kelompok Informasi Gampong (KIG) merupakan media forum kelompok masyarakat yang memilki aktifitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya serta untuk lebih lanjut dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bentuk nyata dari proses diseminasi informasi dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan KIG, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Diskominfotik secara rutin menggelar acara Dialog Publik Pemberdayaan KIG yang dihadiri oleh utusan tiap Kecamatan. (red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus